Dark/Light Mode

Prabowo-Gibran Siapkan Kartu Anak Sehat, Jaminan Cegah Stunting Di Indonesia

Kamis, 21 Desember 2023 17:59 WIB
Capres Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Capres Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencapai visi Indonesia Maju 2045, penanganan permasalahan stunting menjadi salah satu fokus utama. Stunting, yang merupakan masalah global, juga menjadi perhatian serius di Indonesia.

Menurut data WHO, prevalensi stunting di seluruh dunia pada tahun 2020 mencapai 22 persen atau sekitar 149,2 juta jiwa. Presiden Joko Widodo menargetkan penurunan angka stunting di Indonesia menjadi 14 persen pada tahun 2024.

"Target yang saya sampaikan 14 persen di tahun 2024 harus kita bisa capai," kata Presiden.

Presiden Jokowi optimis target tersebut dapat dicapai dengan kerja sama semua pihak. Pencapaian ini didukung oleh penurunan angka stunting di Indonesia dari 37 persen pada tahun 2014 menjadi 21,6 persen di tahun 2022.

Baca juga : Dubes RI Untuk Suriah Kenalkan Kuliner Produk Tanah Air Di House Of Indonesia

Calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo-Gibran memiliki program untuk mengatasi stunting. Salah satunya adalah program kartu anak sehat.

"Kartu anak sehat untuk pencegahan stunting," kata Gibran.

Program ini bertujuan melengkapi fasilitas kesehatan masyarakat yang ada, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan rencana penerbitan KIS Lansia untuk mendukung kesehatan lansia.

Selain Kartu Anak Sehat, Prabowo-Gibran juga merencanakan program KIS Lansia dan Kartu Start-up. Mereka berkomitmen untuk meneruskan dan menyempurnakan program pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : BSI Maslahat Dan BSI Gelar Pelatihan Calon Khotib Muda Indonesia Batch 2

Capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu berkomitmen memerangi kelaparan dan masalah gizi buruk.

"Yang sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesia, kita menghadapi titik di mana kita bisa bangkit menuju Indonesia yang hebat, Indonesia yang bebas dari kemiskinan. Di mana kekayaan Indonesia akan dipergunakan sebesar-besarnya untuk seluruh rakyat Indonesia,” tegas Prabowo.

Gibran juga menyatakan akan melanjutkan program pemerintah sekarang, termasuk pengembangan sektor hilirisasi pertambangan, pertanian, dan perikanan.

“Ini wajib dan juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan,” ungkap Gibran.

Baca juga : Prabowo-Gibran Dorong Perlindungan Hak Perempuan Dan Penyandang Disabilitas

Dalam upaya mencapai Indonesia Maju 2045, penanganan masalah stunting merupakan langkah strategis yang esensial.

Melalui program-program inovatif dan berkelanjutan dari pemerintahan saat ini dan Prabowo-Gibran, Indonesia berupaya memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat bagi generasi mendatang.

Komitmen ini mencerminkan keseriusan pemerintah dan calon pemimpin dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera, sekaligus membangun fondasi yang kuat bagi kemajuan bangsa di masa depan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.