Dark/Light Mode

Semua Paslon Pede Hadapi Debat Ketiga

Jumat, 5 Januari 2024 07:30 WIB
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri). (Foto: Antara)
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Nanti di debat Capres, Pak Prabowo bukan obral janji. Justru memaparkan keberhasilan dan jejaknya sudah teruji,” ujar Bendahara DPP Pro Jokowi (Projo) ini.

Dalam hubungan interna­sional, tambah Panel, Prabowo akan menjadikan politik bebas aktif sebagai pondasi utama gagasan kebijakan politik luar negeri. Juga mengutamakan kebijakan tetangga baik (good neighbor policy) yang berpusat pada prinsip non-intervensi.

Baca juga : Dokter Tambal 20 Gigi Pasien Sekali Berobat

Sedangkan dari gerbong 03, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Imam Priyono mengklaim Ganjar juga tak akan keteteran dengan tema debat Capres ketiga.

TPN telah menyiapkan pelatih di tim internal yang kredibel da­lam tema debat kali ini. “Sudah lama dipersiapkan kelompok ahli dari TPN. Tokoh di tim Mas Ganjar ini begitu cang­gih dan menguasai persoalan,” tutur Imam di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Baca juga : Sestama BNPT Sampaikan Komitmen Perbaiki Tata Kelola BMN

Diakuinya, tema debat ketiga memang identik dan santapan Prabowo. Namun, nama besar Mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Mantan Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto, hingga Mantan Wakapolri Gatot Eddy Pramono bakal men­jadi mentor yang handal bagi Ganjar.

“Beliau-beliau ini sudah khatam terkait pertahanan dan keamanan. Juga soal politik luar negeri dan hubungan interna­sional,” yakinnya.

Baca juga : Perhutani Pertahankan Predikat Badan Publik Informatif

Sementara Juru Bicara TPN Ngudi Astuti mengatakan, modalbesar Ganjar dalam tema debat Capres kali ini adalah rekam jejaknya yang paling kon­sisten membela kemerdekaan Palestina. Sikap tersebut, sesuai dengan ideologi dan perjuangan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno pada saat Konferensi Asia Afrika.

“Bagaimana sikap Pak Ganjar tegas menolak kontingen Israel, sehingga Piala Dunia U-17 batal di Indonesia. Itu adalah bentuk tegas komitmen bangsa Indonesia untuk membela ke­merdekaan Palestina,” tandas Tuti.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 5/1/2024 dengan judul Semua Paslon Pede Hadapi Debat Ketiga  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.