Dark/Light Mode

Distribusi Logistik Pemilu 2024

Dalam Negeri 99 Persen, Luar Negeri 100 Persen

Senin, 5 Februari 2024 07:10 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Humas KPU)
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Humas KPU)

 Sebelumnya 
“KPU sudah memetakan dis­tribusi logistik. Termasuk neg­ara-negara yang ada di wilayah konflik. Kami bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk memastikan agar distribusi logistik bisa tepat waktu,” tutur Drajat dalam kete­rangannya, Minggu (4/2/2024).

Drajat membeberkan me­kanisme distribusi logistik Pe­milu 2024 ke negara konflik. Dia mengatakan, pengiriman dengan dialihkan ke wilayah terdekat. Untuk Ukraina, logistik pemilu dikirimkan ke Warsawa, Polandia. Sedangkan untuk dis­tribusi logistik pemilu ke Syria dialihkan ke Lebanon.

Baca juga : Kejagung Tancap Gas Usut Dana Hibah KONI

“Kami juga sudah mengantisi­pasi potensi kerusakan surat suara untuk Pemilu 2024. Caranya, dengan langsung mengirimkan surat suara untuk mengganti yang rusak, seperti yang terjadi di PPLN Taipei, Taiwan. Surat suara di TaipeI diganti karena PPLN TaipeI mengirim lebih awal,” jelasnya.

Dia menambahkan, rata-rata pencoblosan suara di luar negeri akan dilangsungkan pada 9 dan 10 Februari 2024. Dia mengim­bau semua Warga Negara Indo­nesia (WNI) yang telah memiliki hak pilih agar menggunakan hak konstitusionalnya melalui PPLN di 95 negara.

Baca juga : Pengaduan Terbanyak Keluhkan Jalan Rusak

“Kami tunggu partisipasi semua WNI, baik di dalam negeri maupun luar negeri yang memiliki hak pilih” imbuhnya.

Drajat membeberkan hari dan tanggal pemungutan suara untuk WNI yang berada di luar negeri. Senin, 5 Februari 2024 pelak­sanaan pemungutan suara di Hanoi, Ho Chi Minh City, Selasa, 6 Februari 2024 Panama City. Kamis, 8 Februari 2024 Tehran. Jumat, 9 Februari 2024 Amman, Kepulauan Seychelles, Baghdad, Dhaka, Doha, Khartoum, Kuwait City, Manama, Muscat, Riyadh, dan Sana’a.

Baca juga : Brentford Vs Manchester City, The Citizen Ogah Nyerah

Sabtu, 10 Februari 2024 pelak­sanaan pemungutan suara di Abu Dhabi, Abuja, Alger, Ber­lin, Bern, Bogota, Brasilia-DF, Bratislava, Brussel, Budapest, Buenos Aires, Canberra, Cape Town, Caracas, Chicago, Co­lombo, Dakar, Damaskus, Dar­win, Den Haag, Dubai, Frankfurt, Hamburg, Havana, Helsinki, Houston, Islamabad, Jeddah, Kairo, Kopenhagen, Kiev, Lima, Lisabon, Los Angeles, Maputo, Marseilles, Melbourne, Mexico City, Mosko, Mumbai, Nairobi, New Delhi, New York, Oslo, Ottawa, Paris, Perth, Phnom Penh, Praha, Pretoria, Quito, San Fransisco, Sarajevo, Seoul, Sofia, Stockholm, Suva, Syd­ney, Taskhent, Toronto, Tripoli, Vancouver, Vatikan, Vientiane, Warsawa Washington DC, Wel­lington, Wina, Windhoek, dan Zagreb.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 5 Februari 2024 dengan judul Distribusi Logistik Pemilu 2024, Dalam Negeri 99 Persen, Luar Negeri 100 Persen

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.