Dark/Light Mode

Rapat Pleno Sempat Diwarnai Skorsing Hingga 30 Menit, Ketua KPU Stop Baca SK

Rabu, 20 Maret 2024 22:02 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari saat berbincang dengan para komisioner di sela-sela Rapat Pleno Hasil Pemilu 2024, Rabu (20/3) malam.
Ketua KPU Hasyim Asy’ari saat berbincang dengan para komisioner di sela-sela Rapat Pleno Hasil Pemilu 2024, Rabu (20/3) malam.

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat pleno hasil Pemilu 2024 sempat diwarnai skorsing hingga 30 menit. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari tiba-tiba menyetop pembacaan surat keputusannya.

Mulanya, rapat pleno yang dimulai sekitar pukul 9 malam WIB tadi itu, berlangsung lancar dan khidmat. Hasyim yang saat itu tampil dengan peci hitam, sempat memimpin doa sebelum rapat dimulai. 

Baru kemudian, ia menyampaikan laporan ketua KPU dan dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan berita acara oleh seluruh komisioner KPU.

Baca juga : Ketua KPU Akui Sirekap Bermasalah

Namun, saat membacakan surat keputusan hasil rekapitulasi pemilu 2024, tiba-tiba suaranya berhenti. Ia tak melanjutkan bacaannya.

Hasyim kemudian menggeser mikrofon di depannya, lalu berembuk dengan anggota komisioner yang duduk di samping kiri dan kanannya sembari membolak-balik dokumen yang dibacakan.

Salah seorang petugas KPU pun buru-buru menghampiri ketua KPU. Setelah mendengarkan arahan beberapa saat, petugas tersebut bergegas pergi.

Baca juga : Kena Sanksi Keras DKPP Karena Langgar Etik, Ketua KPU No Comment

"Mohon izin kita koreksi sebentar ini. Penting ini," kata Hasyim.

Beberapa menit kemudian, setelah petugas KPU yang menghampiri para komisioner kembali, rapat pleno juga masih belum dapat dilanjutkan.

Hingga akhirnya, Ketua KPU memutuskan rapat tersebut diskorsing. "Mohon izin kita skors dulu untuk memperbaiki dokumen SK," ucapnya, kemudian mengetuk palu.

Baca juga : Rapat Pleno KONI Tunjuk Anas Jadi CdM Kontingen DKI Untuk PON Aceh - Sumut

Skorsing itu berlangsung sekitar 30 menit lamanya. Baru kemudian ketua KPU membacakan dokumen SK tersebut.

Dari berita acara hasil Pilpres 2024, KPU mengumumkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo-Gibran memperoleh suara teebanyak, yakni 96.214.691 suara atau 58,58 persen suara sah.

Sementara perolehan suara kedua terbanyak adalah pasangan Anies-Muhaimin 40.971.906 suara atau 24,94 persen suara sah. Terakhir, Ganjar-Mahfud memperoleh 27.040.878 suara atau 16,46 persen suara sah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.