Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pasca Terpilih Jadi Ketua Gerindra

Bupati Lombok Tengah Dijagokan Nyagub NTB

Rabu, 5 Januari 2022 06:55 WIB
Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Pathul Bahri. (Foto: Istimewa)
Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Pathul Bahri. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Pathul Bahri dijagokan menjadi Calon Gubernur (Cagub) NTB 2024. Peluang jadi orang nomor satu di Provinsi NTB ini pasca Pathul resmi terpilih menjadi Ketua Partai Gerindra NTB.

Diketahui, di kalangan publik bahkan pengamat saat ini, berkembang spekulasi bahwa Bupati Lombok Tengah berpeluang maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024. Terkait hal itu, Lalu Pathul secara diplomatis menjawab normatif saja. “Itu kewenangan mutlak DPP Gerindra,” katanya, kemarin.

Terkait apakah dirinya akan maju atau tidak di Pilgub NTB, Pathul mengaku, belum bisa menjawab ke arah itu, karena Pilkada NTB masih lama. Lagi pula, yang punya kewenangan menentukan siapa calon yang akan diusung di Pilkada adalah dari pusat.

Baca juga : Pesan Kapolri: Lebih Baik Kumpul Keluarga Di Rumah Saat Tahun Baru

“Saya maju atau tidak, saya belum bisa jawab,” tegasnya.

Sementara pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Mataram, NTB, Muhammad Ali menilai, dengan Pathul Bahri menjabat Ketua Gerindra NTB tak lantas membuat Gerindra akan mengusungnya di Pilgub NTB 2024. Ali justru melihat Pathul Bahri lebih berpeluang dijagokan kembali sebagai calon Bupati Lombok Tengah untuk periode kedua.

Sebagai calon petahana, Pathul dinilai lebih berpeluang memenangkan Pilkada Lombok Tengah periode kedua, ketimbang Ketua PCNU Lombok Tengah itu didorong maju Pilgub.

Baca juga : Terpilih Jadi Ketum IESPA, Ibnu Riza Pradipto Komit Jalankan Tongkat EstafetĀ 

“Pathul akan lebih berpeluang ditunjuk partai untuk maju periode kedua sebagai calon Bupati Lombok Tengah. Karena peluang lebih besar menang lagi,” tuturnya.

Apalagi, lanjut Ali, Gerindra sudah menggadang-gadang Sekretaris Partai Gerindra NTB Ali Usman Al-Khairi sebagai kandidat yang akan diusung di Pilgub NTB. Ali Usman bahkan sudah berkeliling ke seluruh kabupaten dan kota untuk memperkenalkan diri.

Kendati demikian, lanjutnya, dalam politik, masih sangat terbuka kemungkinan Gerindra akan mengusung kader lain. Terlebih jika elektabilitas Ali Usman tidak memungkinkan untuk Pilgub NTB 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.