Dark/Light Mode

Direstui Ibu Maju Pilkada DKI

Usai Pileg, Kang Emil Kasih Kepastiannya

Selasa, 1 Agustus 2023 07:45 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jawa Barat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca mendapat restu ibunda maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, Ridwan Kamil irit bicara. Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu meminta awak media menunggu keputusan politiknya soal Pilkada tahun depan.

“Kalau media tanya Pilkada, terlalu awal. Saya sudah bilang berkali-kali, nanti saja di Februari (2024),” ujar Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, kepada wartawan di Bandung, Jabar, kemarin.

Mantan Wali Kota Bandung ini menegaskan, kunci Pilkada ada di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Menurut dia, hal itu berlaku di kontestasi Pilkada DKI Jakarta maupun Jawa Barat (Jabar).

Baca juga : Suhu Politik Pandeglang Masih Anyep-anyep Saja

Perolehan kursi Partai Golkar di Pileg 2024, lanjut Kang Emil, akan mempengaruhi peta politik di daerah, dan pembentukan koalisi Pilkada. Sebab itu, ia meminta media dan publik bersabar, hingga adanya hasil perolehan kursi Dewan.

“Saat ini, kita belum tahu perolehan kursi masing-masing partai. Setelah Pileg, semua akan terlihat jelas, apakah bisa mengusung sendiri, atau harus berkoalisi. Makanya, masih panjang,” jelasnya.

Soal peluang, Kang Emil menilai, melanjutkan periode kedua di Provinsi Jabar, masih jadi pili­han utamanya. Namun begitu, dia tak menutup ruang untuk berkon­testasi di Pilkada DKI Jakarta. Terlebih, dirinya telah mendapat dukungan sang ibu, untuk mengi­kuti kontestasi tersebut.

Baca juga : Gerindra: Kaesang Kudu Sering Main Ke Depokā€¦

“Kalau Maci (panggilan ibu Ridwan Kamil) mah, pasti selalu memberi nasihat yang paling baik. Poinnya, mana yang ter­baik kalau memang harus di tempat baru, ya pilihan DKI. Jadi, sebuah nasehat bukan berarti tidak ya,” tandasnya.

Sementara, Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes menilai, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, lebih berpeluang menang kembali di Pilkada Provinsi Jabar 2024.

“Sebagai incumbent, kansnya untuk kembali maju dan peluang terpilih kembali, sangatbesar. Terlebih, kepuasan masyarakat Jabar terhadap kinerja Ridwan Kamil juga cukup baik,” ujarnya.

Baca juga : Gibran: Yang Merestui Bukan Saya, Tapi Warga

Diketahui, ibunda Ridwan Kamil, Hj Tjutju Sukaesih atau yang akrab disapa Maci, men­yarankan agar Ridwan Kamil maju di Pilkada DKI Jakarta.

“Kalau memang mau dilepas­kan, ceuk (kata) Maci teh pilih we jadi Gubernur DKI, supaya, pokoknya Jakarta teh dikuma­hakeun (ditata) supaya lebih terlihat,” kata Maci usai berkun­jung ke SMAN1 Tasikmalaya, Minggu (30/7).

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 1/8/2023 dengan judul Direstui Ibu Maju Pilkada DKI, Usai Pileg, Kang Emil Kasih Kepastiannya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.