Dark/Light Mode

Mulai Disuarakan Sahroni

Kalau Mau, Kaesang Bisa Jadi Cagub DKI

Senin, 26 Februari 2024 08:00 WIB
Politisi NasDem, Ahmad Sahroni. (Foto: Instagram)
Politisi NasDem, Ahmad Sahroni. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Kini, dengan posisi sebagai pimpinan parpol, tentunya tidak sulit bagi Kaesang bila ingin maju di Pilkada. Apalagi, PSI punya kursi DPRD yang bisa dipakai Kaesang untuk maju di Pilkada DKI. Ditambah posisi kakaknya, Gibran Rakabuming yang kini berstatus sebagai Cawapres terpilih versi hitung cepat lembaga survei. Kalau mau, Kaesang bisa maju jadi Cagub DKI.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, banyak nama potensial yang berpotensi maju di Pilgub DKI. Termasuk, peluang Kaesang maju sebagai Cagub DKI. Kata Dedi, Kaesang akan menjadi pembeda dalam Pilgub DKI.

“Khusus Kaesang jika ikut kontestasi, ini potensial Pilgub rasa Pilpres. Di mana ia akan disokong kekuasaan,” ulas Dedi.

Baca juga : Herman Khaeron: Kemenangan Ini Nyata Di Lapangan

Pengamat Politik Citra Institute Efriza memprediksi bursa cagub DKI sangat berwarna. Menurutnya, peluang PSI mengusung suami Erina Gudono sangat terbuka.

“Dari trah Presiden Jokowi ada nama Kaesang Pangarep. Kaesang sepertinya lebih memilih langsung membidik kursi gubernur ketimbang maju sebagai wali kota Depok,” kata Efriza.

Ketum partai selanjutnya yang berpotensi maju sebagai cagub DKI adalah Agus Harimurti Yudhoyono. Mungkin saja, pria yang kini menjabat sebagai Menteri ATR itu ingin memperbaiki kegagalannya di Pilgub 2017 silam.

Baca juga : Luluk Nur Hamidah: Beliau Sudah Lama Tak Jadi Bagian Perjuangan

Nama potensial selanjutnya adalah Ridwan Kamil. Terlebih, baliho mantan gubernur Jawa Barat itu sudah menghiasi sudut Ibu Kota. Ahmad Riza Patria juga bisa saja diusung Partai Gerindra. Terlebih, Ariza telah memiliki pengalaman jadi wakil gubernur DKI.

PPP juga berpeluang memplot Sandiaga Uno sebagai cagub DKI. Lagipula, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu terbilang tak ada jabatan strategis usai pemerintahan Jokowi berakhir. Kata Efriza, Nasdem kemungkinan besar mengusung Sahroni.

Sedangkan PDIP memiliki banyak opsi untuk dimajukan sebagai cagub DKI. Di antaranya mantan gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, juga Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Baca juga : Tak Ada Laporan Saksi Dilarang Masuk TPS

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 26 Februari 2024 dengan judul Mulai Disuarakan Sahroni, Kalau Mau, Kaesang Bisa Jadi Cagub DKI

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.