Dark/Light Mode

Pilkada Kota Surakarta

Gibran Kasih Sinyal Ngedukung Raja Solo

Kamis, 7 Maret 2024 07:20 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) berbincang bersama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPPA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (kanan). (Foto: Antara)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) berbincang bersama Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPPA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (kanan). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra sudah mengelus-elus Raja Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aria (KGPAA) Mangkunegara X maju sebagai Wali Kota Solo pada Pilkada serentak 2024. Bahkan, Wali Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) Gibran Rakabuming Raka juga sudah makan siang bareng Sang Raja.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno mengaku sudah mulai menjalin komunikasi dengan berbagai partai untuk koalisi Pilwalkot Solo. Yaitu, dengan Partai Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Insya Allah mereka sudah positif (dalam satu gerbong),” kata Ardianto dalam keterangan­nya, Selasa (5/3/2024).

Baca juga : DPR: Revisi Dulu UU Sisdiknas

Selain kedua partai itu, lanjut Ardianto, partainya juga akan melobi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kata dia, dengan koalisi lima partai politik maka gerbong makin besar untuk koalisi Pilwalkot Solo.

“Kami inginnya dua poros saja. Dengan dua poros akan jadi kekuatan kami. Kalau pasukan jadi besar, kami makin pede,” kata Ardianto.

Terkait nama yang akan diusung, Ardianto mengaku akan mengusung KGPAA Mangkunegara X. “Kita sama-sama mendorong Gusti Bhre (nama kecil KGPAA Mangkunegara X). Kalau untuk AD 2 (calon wakil wali kota) kami berharapnya dari partai kami,” harap dia.

Baca juga : Keputusan Pemerintah Tahan Harga BBM Diacungi Jempol

Ardianto percaya diri dengan kekuatan yang dimiliki Partai Gerindra dalam Pilkada 2024. Sebab, kata dia, Partai Gerindra sudah memiliki lima suara di DPRD Kota Solo dan berpeluangmembentuk satu fraksi.

“Kami juga dapat (jabatan) wakil ketua. Kali ini kami percaya dengan power kami,” tegasnya.

Dengan perolehan kursi saat ini, klaim dia, dinamika perpoli­tikan di Solo tidak akan ada mo­nopoli lagi. Kata dia, perolehan kursi DPRD Solo hasil Pemilu 2024 lebih merata dan tersebar di beberapa partai politik.

Baca juga : Otorita IKN Pede Serap Investasi Rp 100 Triliun

“Kalau hanya dikuasai satu partai di DPRD, rasanya kurang pas. Jadi tidak akan didominasi satu partai,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.