Dark/Light Mode

Terinspirasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur

KIM Ancang-ancang Jalan Bareng Lagi Di Banten

Senin, 20 Mei 2024 07:20 WIB
Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten, Andra Soni. (Foto: Isitmewa)
Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten, Andra Soni. (Foto: Isitmewa)

 Sebelumnya 
“Arahan pimpinan Gerindra sudah tegas dan jelas, harus mengawal program Pak Prabowo sebagai Presiden di dae­rah,” pungkas Andra.

Sedangkan, Ketua DPW Partai NasDem Banten, Wahidin Halim menilai, KIM sulit diimplementasikan dalam Pilgub Banten. Pasalnya, antara peta politik di Pilpres atau nasional tidak linier dengan peta politik di daerah atau lokal.

“Kondisi politik di daerah ber­beda dengan kondisi politik nasional,” ujar Wahidin dalam keterangannya, Minggu (19/5/2024).

Baca juga : Kampus Kok Berbisnis Sama Mahasiswanya

Wahidin mencontohkan, pada Pilpres lalu, ada partai politik (parpol) pendukung pasangan Prabowo-Gibran yang tidak berani memasang foto Gibran Rakabuming Raka karena khawatir suara partainya akan tergerus dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

“Mereka memahami kultur politik lokal, sehingga pemilih partai tidak linier dengan pe­milih presiden,” kata mantan Gubernur Banten ini.

Menurut Wahidin, hubunganelite-elite partai di tingkat pusat saat ini sudah mencair. Sehingga, dia menyakini pasangan cagub dan cawagub yang akan menang di Pilgub Banten nanti adalah koalisi gemuk antara koalisi pasangan 01 dan 02.

Baca juga : 10 Ribu Puskesmas Terakses Internet

“Saat ini NasDem sudah gabung dengan PKB di Pilgub Banten. Yang menang nantinya adalah koalisi gemuk antara 01 dan 02, apalagi ditambah dengan koalisi 03,” tutur Wahidin.

Selain koalisi gemuk, ka­ta Wahidin, yang berpotensi memenangkan pertarungan dalam Pilgub Banten adalah calon yang punya kantong tebal. Kata dia, tidak bisa dipungkiri adanya politik transaksional dan pragmatis di tengah masyarakat

“70 sampai 80 persen calon yang punya duit banyak leb­ih berpeluang untuk menang, meskipun variabel lainnya juga ikut menentukan, seperti hubun­gan emosional, kekerabatan, pil­ihan karena koalisi atau karena ideologis,” jelas Wahidin.

Baca juga : Pertamina Sukses Serap Produk UMKM Terbanyak

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 20 Mei 2024 dengan judul Terinspirasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur, KIM Ancang-ancang JalanBareng Lagi Di Banten

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.