Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Syarat Dukungan Kurang, Politisi PSI Gagal Maju Pilwalkot Batam

Minggu, 12 Juli 2020 08:08 WIB
Politisi PSI Rian Ernest (Foto: Istimewa)
Politisi PSI Rian Ernest (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi PSI Rian Ernest gagal ikut Pemilihan Wali Kota Batam (Pilwalkot) Batam 2020. Hal ini karena kurangnya syarat dukungan untuk Rian yang maju lewat jalur independen atau perseorangan. 

“Belum lama ini saya dan wakil saya Bu Yusiani Gurusinga hampir pasti tidak berhasil raih tiket maju dari jalur independen di Pilkada Batam. Kami sudah pantau secara harian, maju independen memang cukup berat dan itulah hasil terbaik kami,” kata Rian kepada Rakyat Merdeka

Baca juga : Dukungan Menguat, Menantu Wapres Akan Maju Pimpin Karang Taruna

Meski gagal, Rian langsung dilirik DPD Golkar Kepri. Mantan staf ahli Ahok ini langsung dimasukan dalam survei calon kepala daerah yang akan diusung Golkar pada Pilkada Kota 2020. Rian mengaku, sudah diundang pada acara Golkar. Tapi, semua masih dalam proses, karena Golkar sedang menjaring nama-nama balon. “Saya mengapresiasi saja, karena di acara itu kita diskusi dan tukar pikiran saja. Yang pasti, kita semua ingin Kota Batam lebih baik,” ujarnya. 

Rian mengaku, masih akan melihat perkembangan nanti. Terlebih Golkar akan melakukan pertimbangan beberapa faktor dan simulasi. “Kalau Golkar sudah menetapkan demikian (menyandingkan Rian dengan Ahmad Hijazi) tentu kita harus lihat perkembangannya,” tuturnya. 

Baca juga : Presiden Setuju Nilai Ekonomi Karbon Diatur

Ditanya apakah PSI Kota Batam otomatis akan bergabung mendukung, Rian tidak bisa memastikannya. “PSI punya mekanisme sendiri.Tapi, saya belum bisa jamin PSI ikut ke mana,” tegasnya. 

Mengenai calon Wakil Wali Kota Batam dari jalur independen, Yusiani Gurusinga sudah mengikhlaskan kalau dirinya maju lewat jalur politik dan siap mendukung. “Saat menyampaikan ke publik kalau saya tidak bisa berkarya untuk Kota Batam, beliau ikhlas dan mendukung. Begitu juga dengan tim relawan akan mendukung dan berjuang meski lewat jalur partai nanti,” ujarnya. 

Baca juga : Subsidi Gas Melon Mau Diubah Jadi BLT

Sebelumnya, Wakil Sekretaris DPD Golkar Kepri Amrullah Rasal menyebut, Rian Ernest langsung setuju saat akan dipasangkan atau didampingkan dengan Ahmad Hijazi sebagai pasangan alternatif yang ikut disurvei Lembaga Survei Indo Barometer. “Benar Rian Ernest dan Pak Hijazi ikut disurvei Golkar sebagai pasangan alternatif,” ungkapnya. 

Rasal mengatakan, Rian juga sudah menyatakan ketertarikannya dan siap bergabung dengan Golkar untuk berjuang bersamasama memenangkan Ahmad Hijazi pada Pilkada Kota Batam. Rian tidak keberatan ditempatkan pada posisi Wakil Wali Kota Batam. “Bahkan Rian Ernest bersedia menjadi Ketua Tim Pemenangan Ahmad Hijazi nantinya,” tutupnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.