Dark/Light Mode

Naik Onthel Ke KPUD

Gibran Ngos-ngosan

Sabtu, 5 September 2020 06:38 WIB
Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Teguh Prakosa naik sepeda onthel memilih saat mendaftar sebagai calon wali kota, ke KPUD Kota Solo, Jumat (4/9). (Foto: Instagram)
Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Teguh Prakosa naik sepeda onthel memilih saat mendaftar sebagai calon wali kota, ke KPUD Kota Solo, Jumat (4/9). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada Desember ini mulai dibuka, kemarin. Beragam cara unik, dari yang tradisional sampai modern, dilakukan para calon untuk memikat hati pemilih.

Gibran Rakabuming Raka misalnya, memilih cara tradisional saat mendaftar sebagai calon wali kota, ke KPUD Kota Solo. Bersama pasangannya, Teguh Prakosa, putra sulung Presiden Jokowi ini berangkat naik sepeda onthel. Karena jarak cukup jauh dan matahari sedang terik, Gibran sampai ngos-ngosan.

Baca juga : Pemimpin Korut Kembali Dikabarkan Koma

Persiapan Gibran-Teguh mendaftar terjadwal dengan baik. Sebelum berangkat, mereka berkumpul lebih dulu di Kantor DPC PDIP Solo. Gibran tiba di Kantor DPC PDIP Solo pukul 1.35 siang. Gibran tampil dengan baju lurik coklat, dipadukan kain batik Sidoluhur. Tak ketinggalan, blangkon Sidomukti di kepala. Tentunya juga dengan masker. Istrinya, Selvi Ananda, cantik mengenakan kebaya coklat muda dengan kain coklat tua. Yang dikenakan Gibran dan Selvi, juga melekat pada Teguh dan istrinya, Serlly Yusnita. Tak ketinggalan blangkon Sidomukti di kepala.

Usai menyiapkan segala yang dibutuhkan, rombongan berangkat menuju KPUD tepat pukul 13.00 siang. Gibran-Teguh kompak mengenakan sepeda onthel. Sementara, istri-istrinya naik Andong. Begitu juga Ketua DPC PDIP FX Hadi Rudyatmo dan pengurus lainnya, serta pimpinan partai pendukung ikut mengantar menaiki andong.

Baca juga : Arsenal vs Liverpool, Sama-sama Ngos-ngosan

Rudy mengatakan, alasan menggunakan sepeda dan andong sebagai alat transportasi menuju KPUD untuk menekan polusi udara. Rute yang dilalui, dari Kantor DPC PDIP Solo, di Jalan Hasanudin Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, melewati Jalan Hasanudin-Jalan RM Said-Jalan Menteri Supeno-Jalan Ahmad Yani-Jalan Letjend Suprapto-Jalan Kahuripan Utara Raya-KPU.

Jarak dari Kantor DPC PDIP ke KPUD Kota Solo mencapai 3 kilometer. Mengayuh sepeda onthel, Gibran nampak kelelahan. Meski tertutup masker, keringatnya terlihat bercucuran.

Baca juga : Dibayangi Gelombang II Covid, Rupiah Ngos-ngosan

Rombongan tiba pukul 2.30. Gibran dan Teguh langsung masuk, dan mendaftar. Berkas syarat pencalonan mereka dinyatakan lengkap oleh KPUD Kota Solo. "Alhamdulillah, sore ini, saya dan Pak Teguh sudah resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Solo di KPU Surakarta. Seperti yang disampaikan KPU, dokumen kami dinyatakan lengkap," kata Gibran, kepada wartawan, usai pendaftaran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.