Dark/Light Mode

Protokol Kesehatan Kunci Sukses Pilkada 2020

Sabtu, 26 September 2020 10:20 WIB
Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, sekaligus anggota DPR Komisi VII Fraksi Partai Golkar Maman Abdurahman. (Foto: Istimewa)
Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar, sekaligus anggota DPR Komisi VII Fraksi Partai Golkar Maman Abdurahman. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Penyelenggaraan Pilkada yang pemungutan suaranya dijadwalkan pada 9 Desember 2020 nanti merupakan jadwal hasil penundaan sebelumnya. “Jadwal tersebut merupakan jadwal penundaan. Semula Pilkada 2020 ini direncanakan akan digelar pencoblosan tanggal 23 September 2020,” ungkap Maman.

Baca juga : DKI Kantongi 4,6 Miliar Dari Hasil Denda PSBB

Sementara pada Februari 2021, banyak kepala daerah. Gubernur, bupati atau wali kota akan habis masa jabatannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan Pilkada untuk memberikan kepastian kepemimpinan di daerah-daerah tersebut. Pelaksanaan pesta demokrasi seperti ini tak hanya berlangsung di Indonesia.

Baca juga : Revisi Peraturan KPU Demi Penegakan Disiplin Dan Sanksi Tegas Pilkada 2020

Menurut Maman di sejumlah negara seperti Korea Selatan, juga tetap dilangsungkan pemilihan umum pada April 2020 yang juga saat pandemi. Begitu pula dengan Amerika Serikat yang akan menggelar Pilpres pada November 2020. “Referensi dari beberapa negara yang mempunyai agenda pemilu nasional maupun daerah, hampir semuanya tetap menjalankan sepanjang tahun 2020 ini. Di Indonesia juga bisa,” ujar Maman.

Baca juga : Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan, KAI Raih Safe Guard Label SIBV

Selain itu, menurut Maman proses pencoblosan sendiri sudah diatur sesuai jadwal. "Bahkan diprediksi hanya membutuhkan waktu singkat untuk mencoblos di TPS karena yang digunakan hanya satu atau maksimal dua kertas suara saja," pungkas Maman. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.