Dark/Light Mode

Di Wonosobo Dan Kebumen

Pilih Kotak Kosong Makin Nyaring Dikampanyekan

Jumat, 9 Oktober 2020 08:23 WIB
Ilustrasi Pikada Serentak 2020. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Pikada Serentak 2020. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajakan memilih kotak kosong makin kencang di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kebumen dan Wonosobo, Jawa Tengah. Para relawan pro kotak kosong mengajak warga tak golput dan menargetkan kemenangan 70 persen.

Relawan Masyarakat Kotak Kosong (Mas Koko) di Pilkada Kebumen mengajak masyarakat tidak golput, bila calon tunggal tidak mampu menawarkan prog ram baik, melainkan mencoblos kotak kosong.

Baca juga : Ketua DPR Minta Peserta Pilkada Tak Mobilisasi Massa Saat Kampanye

Ketua Presidium Mas Koko Wilayah Tengah, Aziz Prayitno mengatakan, para elite partai boleh saja mengatasnamakan kebersamaan dan permusyawa ratan atau mufakat yang meng hasilkan calon tunggal. Tapi, hal itu bukan berarti paslon tunggal adalah representasi keinginan masyarakat dan jawaban dari semua keresahan masyarakat.

Dikatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, Pasal 54 C ayat (2) disebutkan, pemilihan satu pasangan calon dilaksanakan dengan menggunakan surat suara yang memuat dua kolom. Satu kolom memuat foto pasangan calon dan satu kolom kosong, tidak bergambar.

Baca juga : Kebijakan Subsidi Pulsa, DPR Ingatkan Kemendikbud Pilih Operator dengan Jaringan Kuat dan Terluas

Artinya masyarakat pun bisa memilik kotak kosong sebagai bentuk hak politik mereka. “Hasilnya, mari kita tunggu bersama pelaksanaan Pilkada Kebumen, 9 Desember 2020,” ujarnya, kemarin.

Di Pilkada Kabupaten Wonosobo juga muncul gerakan pilih kotak kosong. Masyarakat yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Demokrasi Wonosobo (MPDW) mulai mensosialisasikan gerakan ini.

Baca juga : Anak Presiden Dilawan Ketua RW

Ketua MPDW Sopingi menjelaskan, gerakan ini lahir dari keresahan terkait kondisi peta Pilkada Wonosobo tahun ini. Pasalnya, pemilih tidak diberikan alternatif atau kandidat lain oleh partai politik di Wonosobo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.