Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nyoblos Di TPS Khusus, Pengungsi Merapi Patuhi Protokol Kesehatan

Rabu, 9 Desember 2020 11:22 WIB
Para pengungsi gunung Merapi tetap memberikan suaranya di Pilkada Sleman yang berlangsung di TPS khusus. (Foto: Antara)
Para pengungsi gunung Merapi tetap memberikan suaranya di Pilkada Sleman yang berlangsung di TPS khusus. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengungsi tanggap darurat bencana erupsi Gunung Merapi dari Dusun Kalitengah Lor, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang menempati barak pengungsian Glagaharjo menggunakan hak suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2020 di tempat pemungutan suara (TPS) khusus di TK ABA Glagaharjo, Rabu (9/12).

"Pada pelaksanaan Pilkada Sleman ini, para pengungsi memberikan hak suaranya di TPS khusus di TK ABA Glagaharjo," kata Panewu Cangkringan Suparmono.

Baca juga : Ingat! Hindari Politik Uang, Patuhi Protokol Kesehatan

Suparmono mengatakan TPS khusus tersebut sengaja dibangun di sekitar barak pengungsian untuk mengakomodasi hak pilih para pengungsi bencana erupsi Merapi.

"Lokasi TPS khusus ini berada di samping Balai Kalurahan Glagaharjo, tidak jauh dari barak pengungsian. Ini agar para pengungsi lebih mudah dalam memberikan hak suara pada Pilkada," katanya.

Baca juga : Besok Coblosan, Ganjar Wanti-wanti Soal Protokol Kesehatan

Ia mengatakan, para pengungsi yang mayoritas merupakan warga kelompok rentan ini dirasa akan kesulitan jika harus memberikan hak suaranya di TPS Dusun Kalitengah Lor.

"Mereka yang memiliki hak suara mayoritas merupakan pengungsi lansia dan beberapa pengungsi dewasa yang harus mengungsi karena memiliki anak kecil dan balita, dan ibu hamil. Jadi cukup repot kalau harus kembali ke dusun untuk mencoblos," katanya.

Baca juga : Ferry Paulus Imbau The Jakmania Patuh Terapkan Protokol Kesehatan

Suparmono mengatakan, di barak pengungsian Glagaharjo total terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) ada sebanyak 404 orang. "Mereka cukup antusias untuk datang memberikan hak suaranya dan datang sesuai waktu yang ditentukan dalam undangan," katanya.

Ia mengatakan, untuk kepatuhan protokol kesehatan Covid-19 dari para pengungsi juga sudah cukup baik sesuai dengan SOP yang ada. "Mereka datang sudah dengan alat pelindung diri (APD), mencuci tangan, periksa suhu tubuh saat datang dan menggunakan masker di TPS," pungkasnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.