Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Besok Coblosan, Ganjar Wanti-wanti Soal Protokol Kesehatan

Selasa, 8 Desember 2020 17:51 WIB
Besok Coblosan, Ganjar Wanti-wanti Soal Protokol Kesehatan

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah mengecek kesiapan pemungutan suara dan penerapan protokol kesehatan di sejumlah TPS yang ada di Kota Semarang, Selasa (8/12). 

Tiga TPS yang didatangi Ganjar adalah TPS 10 Sobokarti, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur, TPS 17, Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan, dan TPS 10, Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah TPS tersebut memang sudah terlihat menyiapkan protokol kesehatan dengan baik sebagai antisipasi meluasnya penyebaran Covid-19. Selain sarana prasarana yang tersedia seperti cairan penyanitasi tangan, alat pengecek suhu tubuh, sarung tangan, kursi-kursi juga ditata dan diberi jarak lebih dari 1 meter. Bahkan, TPS juga menyediakan bilik khusus bagi pemilih dengan suhu badan di atas 37,3 derajat Celcius.

Baca juga : Ferry Paulus Imbau The Jakmania Patuh Terapkan Protokol Kesehatan

Oleh penyelenggara pemilu, semua calon pemilih di tempat-tempat itu telah diberikan undangan yang disertai dengan jadwal pencoblosan. Masing-masing diberikan jam berbeda untuk mencegah terjadinya kerumunan. "Ya persiapannya sudah bagus. Saya hanya titip pesan, tolong protokol kesehatan harus ketat. Tidak bisa tidak. Itu harus. Makanya, saya hari ini mengajak Forkompimda untuk memastikan. Alhamdulillah dari pantauan ini, semua sudah disiapkan dengan baik," kata Ganjar seperti dilansir Antara, Selasa (8/12).

Pada saat pelaksanaan pemungutan suara besok, Ganjar meminta seluruh petugas di TPS memastikan betul protokol kesehatan berjalan dengan baik. Masyarakat harus dibimbing dalam semua proses pilkada, dari awal hingga akhir pelaksanaan pemilihan.

"Saya pesan pada masyarakat ayo tertib, 'ojo kesusu' (jangan terburu-buru- Jawa, Red) karena sudah dijadwal jamnya, kapan mereka harus datang ke TPS untuk mencoblos. Kalau semua bisa tertib sesuai undangan yang sudah dijadwalkan, maka bisa membantu untuk tidak berkerumun," ujarnya.

Baca juga : Vaksin Covid-19 Datang, Jokowi Minta Protokol Kesehatan Tetap Dijalankan

Ganjar berpendapat, potensi kerumunan juga harus diantisipasi saat proses penghitungan surat suara. "Saat penghitungan, tolong tidak semua datang ke TPS, tidak usah melihat. Percayakan saja pada saksi-saksinya. Jangan sampai ada kerumunan. Kita minta semua kerumunan, saat pilkada tidak ada," katanya.

Ganjar secara khusus meminta masyarakat, agar menjaga diri masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan. Supaya Pilkada 2020 ini tidak menjadi klaster baru Covid-19.

Dalam pesta demokrasi lima tahunan yang berlangsung di tengah pandemi ini, ada 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang ikut berpartisipasi. Yakni Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Semarang, Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Rembang, dan Kota Surakarta.

Baca juga : Wisata Susur Sungai Banjarmasin Dibuka Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Kemudian, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Blora, Kabupaten Kendal, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Demak. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.