Dark/Light Mode

KPU Makassar Tetapkan Danny-Fatma Sebagai Kepala Daerah Tepilih

Sabtu, 23 Januari 2021 16:40 WIB
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto (kiri), Fatmawati Rusdi Masse (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai ditetapkan KPU Makassar di hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (23/1). (Foto: Antara)
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto (kiri), Fatmawati Rusdi Masse (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai ditetapkan KPU Makassar di hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (23/1). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
 "Semua sempat khawatir Pilkada Makassar masuk zona merah, bahkan menjadi isu nasional, tapi hasilnya kondusif. Kemenangan ini bukanlah paslon satu dua dan seterusnya, tapi kemenangan kita semua, " papar pria akrab disapa Danny Pomanto, Sabtu (23/1).

"Ini kemenangan rakyat, kita tidak disekat lagi pengikut nomor satu sampai empat. Kami berdua akan mendedikasikan seluruh kemampuan. Memang selalu ada dinamika, tapi tidak perlu khawatir doakan semua bisa dijalani dengan baik," ujar Danny.

Baca juga : Isi Kuliah Umum Unpar, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Pancasila Sebagai Dasar Negara

Danny, Wali Kota Makassar yang terpilih kembali itu juga berterima kasih kepada seluruh relawan, simpatisan atas kerja-kerja politik, meski di tengah pandemi Covid-19 tapi bisa menghasilkan perolehan suara yang signifikan di bilik suara. Proses penetapan oleh KPU Makassar berlangsung aman, hanya saja tiga pasangan calon lainnya tidak hadir.

Sebelumnya, KPU Kota Makassar telah mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara melalui rapat pleno oleh KPU Makassar pada 15 Desember 2020 di hotel Harper Makassar. Pasangan nomor urut satu, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi memperoleh suara terbanyak, yakni 218.908 suara atau 41, 3 persen dan keluar sebagai pemenang.

Baca juga : KPU Provinsi Kaltara Tetapkan Paslon Gubernur-Wagub Terpilih

Kemudian perolehan suara kedua oleh pasangan nomor urut dua, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando meraih sebanyak 184.094 suara atau 34,7 persen. Pasangan nomor urut tiga, Syamsu Rizal-Fadli Ananda sebanyak 100.869 suara atau 19 persen.

Dan pasangan nomor urut empat Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Hali memperoleh 25.817 suara atau 4,9 persen. Sedangkan jumlah surat suara sah hasil rekapitulasi sebanyak 529.668 suara dan surat suara tidak sah sebanyak 7.897 suara. Total suara sah dan tidak sah sebanyak 537.585 suara. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.