Dark/Light Mode

Bupati Sabu Raijua Terpilih Berstatus WNA

Pelantikan Orient Bisa Batal

Minggu, 7 Februari 2021 06:10 WIB
Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Riwu Kore. (Foto: Facebook)
Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Riwu Kore. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
“KPU itu kan menjalankan undang-undang. Kalau keberatan bisa lewat jalut politik atau hukum,” sarannya.

Secara normatif, jelas Ari, memang yang bisa maju Pilkada atau perhelatan politik baik Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pilkada adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca juga : Ketua DPD Sarankan Nadiem Bikin Kurikulum Masa Darurat

“Calon kepala daerah itu harusnya WNI. Soal apakah dia keturunan asing atau tidak, itu dikembalikan ke negara mengenai pengakuannya sebagai warga negara,” ujarnya.

Kalau berdasarkan evaluasi Pilkada, Ari menyarankan, parpol harus memiliki kader asli dan terverifikasi dengan baik dalam menghadapi Pileg, Pilpres maupun Pilkada.

Baca juga : Mendagri Pertimbangkan Tunda Lantik Orient Riwu

“Pokoknya semua parpol harus berbenah agar tidak terjadi hal serupa,” katanya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sabu Raijua menerima konfirmasi dari Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat bahwa Orient Riwu Kore masih berstatus warga negara Amerika Serikat.

Baca juga : Bupati Terpilih Berstatus WNA Dibahas Hari Ini

“Pihak Kedubes AS di Jakarta sudah memberikan konfirmasi dan membenarkan bahwa yang bersangkutan masih berkewarganegaraan AS,” kata Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yugi Tagi Huma.

Yugi mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Imigrasi di Kupang dan pusat untuk mencari tahu soal dugaan calon Bupati Sabu Raijua terpilih masih berkewarganegaraan AS. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.