Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Meski Dinilai Masih Prematur

Putra Gubernur Olly Mulai Didorong Di Pilkada Sulut

Kamis, 17 Juni 2021 06:30 WIB
Rio Alexander Jeremia Dondokambey. (Foto: Istimewa)
Rio Alexander Jeremia Dondokambey. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 diprediksi memunculkan calon dari kalangan muda. Salah satunya, Rio Alexander Jeremia Dondokambey, yang sudah jadi kandidat calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut). Putra Gubernur Sulut Olly Dondokambey ini sudah didorong nyalon gubernur.

Pengamat politik Sulut, Jefry Paat menyebut, di 2024, kader-kader muda masih akan tetap bertahan. Bahkan kemungkinan akan munculnya kader baru, patut dicermati dan diperhitungkan.

Baca juga : Usut Tuntas Kasus Teror Jelang Pilkada Surabaya!

Terkait kandidat dan peluang Rio Dondokambey, Paat mengatakan, alangkah baiknya Rio ikut dulu bersama rekan-rekannya di legislatif. “Kalau dia ikut jalur legislatif kemudian menyebrang ke eksekutif, itu bisa diterima masyarakat umum,” katanya, kemarin.

Paat menyebutkan, hal ini untuk membentuk kemandirian dalam memahami dan menjalankan pemerintahan secara langsung. “Jadi, tidak tergantung kekuatan orang tua. Sehingga bisa mandiri dan memahami lika-liku politik dan birokrasi,” ujarnya.

Baca juga : Survei LSI Denny JA Proyeksikan Pasangan Olly-Steven Menang Di Pilkada Sulut

Menurut Paat, hal ini memang sudah menjadi hukum secara alamiah, kalau ingin berkiprah di eksekutif (kepala daerah) harus melewati jalur legislatif terlebih dahulu. “Rio juga harus mengikuti hal itu,” tegasnya.

Dosen FISIP Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) ini mencontohkan, kader PDIP Puan Maharani. Dia duduk di legislatif lebih dulu, baru kemudian mencalonkan diri ke eksekutif. Di samping itu, putri Megawati ini telah memiliki pengalaman matang di birokrasi pemerintahan.

Baca juga : Meski Sendiri, Cawagub Edy Pratowo Tetap Tenang Di Debat Pilkada Kalteng

Persoalannya sekarang, apakah kader muda Sulut sudah punya pengalaman di legislatif? Paling tidak, dia sudah bisa mengenal pola kerja dan kinerja dari eksekutif. “Dia nanti pada akhirnya sudah bisa mengerti bagaimana kinerja pemerintahan,” ungkapnya.

Masalahnya, lanjut Paat, kalau dia mau langsung ke eksekutif, itu sangat riskan. Dia perlu pengalaman tinggi, pengalaman banyak dan matang untuk duduk di kursi eksekutif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.