Dark/Light Mode

Meski Dinilai Masih Prematur

Putra Gubernur Olly Mulai Didorong Di Pilkada Sulut

Kamis, 17 Juni 2021 06:30 WIB
Rio Alexander Jeremia Dondokambey. (Foto: Istimewa)
Rio Alexander Jeremia Dondokambey. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kalau sudah melalui legislatif, dia akan menjadi kader mumpuni untuk terjun ke eksekutif. “Masyarakat akan menilai pengalaman dan kemandirian untuk terjun sebagai kepala daerah,” tuturnya.

Di sisi lain, Paat juga menyoroti peran tim sukses atau orang-orang yang terkesan ingin cepat-cepat “menjual” kader-kader muda. Namun dia menilai, Rio sebenarnya belum siap memegang peran kepala daerah.

Baca juga : Usut Tuntas Kasus Teror Jelang Pilkada Surabaya!

Menurut Paat, biasanya karena adanya dinasti politik, tim sukses ingin cepat-cepat menaikan elektabilitas kader yang sebenarnya belum siap dan matang untuk maju sebagai kepala daerah.

“Bisa saja, Pak Olly belum mempersiapkan Rio untuk maju di eksekutif. Tapi, dengan adanya bisikan tim sukses, Rio didorong maju di Pilgub Sulut,” paparnya.

Baca juga : Survei LSI Denny JA Proyeksikan Pasangan Olly-Steven Menang Di Pilkada Sulut

Untuk itu, lanjutnya perlu kesiapan dan pengalaman lebih dahulu, sehingga mampu memimpin dan menjalankan pemerintahan di Sulut.

Sementara, pengamat politik Sulut lainnya, Taufik Tumbelaka mengatakan, Pilgub Sulut 2024, yang akan menentukan adalah kekuatan mesin parpol pengu­sung dan pesona figur. Figur yang maju pun harus mempunyai basis massa jelas. Itu terkait erat dengan nilai jual dari sang figur.

Baca juga : Meski Sendiri, Cawagub Edy Pratowo Tetap Tenang Di Debat Pilkada Kalteng

“Pada posisi ini, para politisi generasi muda kesulitan. Karena kemunculannya di kancah politik masih belum lama dan masih ada bayang-bayang kekuatan figur dari orang tua mereka,” terangnya.

Ke depan, hal ini menjadi tantangan berat bagi para politisi muda, dimana harus bisa lepas dari bayang-bayang kekuatan figur orang tua. “Untuk lepas itu tidak mudah. Karena waktu untuk Pilgub Sulut 2024 sangat pendek,” ujarnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.