Dark/Light Mode

Tambah 115 Personil

Polres Siap Amankan PSU Pilkada Di Nabire

Jumat, 23 Juli 2021 06:10 WIB
Kantor Kepolisian Resor (Polres) Nabire. (Foto: Dok. Polres Nabire)
Kantor Kepolisian Resor (Polres) Nabire. (Foto: Dok. Polres Nabire)

 Sebelumnya 
Sementara Ketua KPU Nabire, Wilhelmus Degei menyebutkan, total pemilih untuk PSU Pilkada Nabire sebanyak 85.983 pemilih. Terdiri dari 44.287 pemilih laki-laki dan 41.696 pemilih perempuan. Jumlah pemilih PSU Pilkada Nabire berdasarkan rapat pleno KPU.

Menurut Wilhelmus, jumlah pemilih pada PSU Pilkada Nabire berkurang banyak dibandingkan jumlah pemilih pada pelaksanaan pencoblosan 9 Desember 2020. Saat itu, jumlah pemilih mencapai 109.638 orang. “Untuk PSU ribuan pemilih itu tersebar di 305 Tempat Pemungutan SUara (TPS) di 81 desa/kelurahan,” tandasnya.

Baca juga : Samakan Persepsi Soal Papua, Mahfud MD Kumpulkan Para Dubes

Secara terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Nabire, Anton Mote, meminta masyarakat, perangkat daerah untuk ikut mensukseskan pelaksanaan PSU Pilkada Nabire. Salah satunya dengan menolak segala bentuk politik uang.

“Jangan ada money politics, mobilisasi massa, upaya provokasi maupun tindakan melawan hukum yang bertujuan menghambat pesta demokrasi,” tegasnya.

Baca juga : Hari Ini, Tambahan 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Sumbangan Amerika Tiba Di Tanah Air

Perangkat pemerintah, tegas Mote, selayaknya juga harus menyadari esensi, pesta demokrasi sebagai ajang bagi rakyat dalam menentukan pemimpin pilihannya. “Perangkat daerah wajib menjaga keamanan, ketertiban, sampai mengawasi oknum tertentu. Ingat, mereka tidak boleh menjadi pelaku tindakan melawan hukum,” tandasnya.

Diketahui, Pilkada ulang Nabire rencananya dilaksanakan pada 28 Juli 2021. Pilkada dilakukan sesuai putusan Mahkamah Konstitusi atas selisih Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak valid dan tidak logis. Juga pemungutan suara dianggap tidak sah, karena tidak dilakukan dengan sistem pencoblosan langsung.

Baca juga : KONI Pusat Siap Gaungkan PON XX Papua Pada Masyarakat

Pilkada Nabire diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni paslon Yuvinia Mote-Muhammad Darwis, paslon Mesak Magai-Ismail Jamaludin dan paslon Pasangan FX Mote-Tabroni Cahya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.