Dark/Light Mode

Rapat Pleno Penetapan Gubernur-Wagub Kalsel

Denny Absen, BirinMu Sah Jadi Paslon Terpilih

Kamis, 5 Agustus 2021 06:30 WIB
Pasangan Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMu) ditetapkan sebagai Gubernur-Wagub terpilih dalam rapat pleno di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (4/8/2021). (Foto: Istimewa)
Pasangan Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMu) ditetapkan sebagai Gubernur-Wagub terpilih dalam rapat pleno di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (4/8/2021). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Diakuinya, saat rapat pleno penetapan hanya paslon pemenang, Sahbirin-Muhidin yang hadir. Sementara pasangan yang kalah, Denny Indrayana-Difriadi tidak.

Terkait ketidakhadiran Denny-Difriadi, Sarmuji menegaskan, pihaknya juga mengundang Paslon Denny-Difriadi. “Sudah kita undang. Masalah mereka tidak hadir, ya urusan mereka. Tidak ada paksaan, tidak ada kewajiban juga,” tuturnya.

Baca juga : Denny Pasrah Apapun Hasilnya

Sementara Gubernur Kalsel terpilih Sahbirin Noor mengucapkan rasa syukurnya atas akhir dari pesta demokrasi ini, hingga ditetapkan dirinya bersama Muhidin sebagai pemenang Pilgub Kalsel 2020 secara sah.

“Di forum berbahagia ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada para alim ulama, para habib, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semuanya atas kelancaran semua ini,” katanya.

Baca juga : Kemenperin Siap Audit Pabrik KTM

Sebagaimana hasil perhitungan suara sejak digelarnya pencoblosan suara pada 9 Desember 2020 hingga diputuskan PSU di tujuh kecamatan pada tiga kabupaten/kota pada 9 Juni 2021, Paslon BirinMu menang perolehan suara atas Denny-Difriadi. Total suara diperoleh BirinMu sebanyak 871.123 suara.

Sementara Denny-Difriadi memperoleh 831.178 suara dari total pemilih sah 1.702.301 suara di 13 kabupaten/kota. Ketetapan KPU Kalsel ini sempat digugat lagi oleh pasangan Denny-Difriadi ke MK. Tapi Hakim MK menolak gugatan itu, sehingga kemenangan jatuh ke tangan Paslon Sahbirin-Muhidin. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.