Dark/Light Mode

Rapat Pleno Penetapan Gubernur-Wagub Kalsel

Denny Absen, BirinMu Sah Jadi Paslon Terpilih

Kamis, 5 Agustus 2021 06:30 WIB
Pasangan Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMu) ditetapkan sebagai Gubernur-Wagub terpilih dalam rapat pleno di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (4/8/2021). (Foto: Istimewa)
Pasangan Sahbirin Noor dan Muhidin (BirinMu) ditetapkan sebagai Gubernur-Wagub terpilih dalam rapat pleno di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu (4/8/2021). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski Calon Gubernur (Cagub) Denny Indrayana tak hadir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) tetap mengesahkan pasangan Sahbirin Noor-Muhidin (BirinMu) sebagai Gubernur-Wagub terpilih dalam rapat pleno, kemarin.

Rapat pleno penetapan Paslon BirinMu berjalan lancar dan digelar di Hotel Golden Tulip Banjarmasin. Sayangnya, rapat pleno itu tidak dihadiri Paslon Denny Indrayana-Dfiriyadi.

Baca juga : Denny Pasrah Apapun Hasilnya

Penetapan itu dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Paslon nomor urut 02, Denny Indrayan-Difriadi Derajat untuk hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2020.

“Secara sah hari ini (kemarin) kita tetapkan Paslon Sahbirin Noor-Muhidin terpilih pada Pilgub Kalsel 2020,” ujar Ketua KPU Kalsel, Sarmuji usai acara rapat pleno, kemarin.

Baca juga : Kemenperin Siap Audit Pabrik KTM

Dia mengatakan, berkas penetapan paslon terpilih sudah diserahkannya langsung kepada Ketua DPRD Kalsel. Nantinya, Dewan akan menggelar paripurna, setelah itu diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dijadwalkan pelantikannya oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Menurut Sarmuji, dengan berakhirnya rapat pleno penetapan ini, maka berakhir juga tugas KPU Kalsel di Pilgub Kalsel. “Kami tinggal menunggu pelantikan untuk kedua pasangan calon,” ujarnya.

Baca juga : Kubu Denny Diusut Polda

Sarmuji berharap, proses pelantikan Gubernur-Wagub Kalsel yang baru ini tidak memakan waktu lama. Sebab roda pemerintahan tentu akan lebih maksimal bila dipegang kepala daerah definitif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.