Dark/Light Mode

Iklim Dan Anjing Tetangga

Minggu, 12 Desember 2021 06:50 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Anak-anak muda itulah, generasi Milenial, Gen Z atau post-Gen Z, yang akan menikmati hasil yang ditaman para pembuat kebijakan sekarang. Kejadian hari ini, bencana alam misalnya, adalah benih yang ditanam (sejak) belasan atau puluhan tahun lalu.

Baca juga : Bulutangkis Dan Bendera

Data menunjukkan, sepanjang Januari sampai Oktober 2021, ada 2.208 bencana alam di Indonesia. Dari jumlah itu, sebanyak 894 kejadian atau 40,4 persen merupakan bencana banjir. Ini belum dihitung yang bulan November atau Desember.

Baca juga : Tuntaskan Kasus Dan Akarnya

Apakah bencana-bencana ini akan “dibiarkan” meningkat dari tahun ke tahun? Apakah kebijakan-kebijakan politik masih menomorsekiankan faktor lingkungan hidup dan perubahan iklim? Apakah mengembalikan modal politik masih diutamakan dibanding modal untuk generasi mendatang?

Baca juga : Jangan Ributkan Anggaran

Mestinya, ancaman iklim ini disikapi seperti gonggongan atau terkaman anjing tetangga. Kita langsung melompat. Refleks. Takut. Lari terbirit-birit. Karena, ancamannya memang sudah nyata. Di depan mata. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.