Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menunggu Pilihan Di Bulan Juni

Selasa, 7 Juni 2022 06:46 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Apakah ada reshuffle kabinet di bulan Juni?

Kalau mengacu pada “hari keramat Rabu pon”, sepertinya tak akan ada reshuffle kabinet bulan ini. Rabu ponnya sudah lewat, 1 Juni lalu. Empat Rabu lainnya di bulan ini, tidak ada yang pon.

Baca juga : 2024, Gen X Pegang Kendali?

Walau sudah lewat, isu reshuffle kabinet terus berembus sepoi-sepoi cenderung kencang. Kabarnya, reshuffle dilakukan pertengahan bulan ini. Kalau dilakukan pada 15 Juni, jatuhnya Rabu pahing.

Tanggal tersebut semacam tafsiran dari pernyataan dan “clue” Mensesneg Pratikno, pekan lalu. “Sekarang tanggal berapa? Ya nanti kalau sudah ada jadwal bocorin dikit-dikit,” kata Pratikno di  Gedung DPR. Artinya, proses pilah-pilihnya sedang berjalan.

Baca juga : Pancasila 42 Tahun Kemudian

Apakah tengah bulan ini ada bocoran baru, atau langsung reshuffle? Siapa saja yang di-reshuffle? Siapa yang masuk kabinet? Apakah jatah masing-masing parpol bertambah atau berkurang? Apakah jatah kursi menteri PAN sebagai anggota baru Koalisi yang belum kebagian kursi, dua atau lebih?

Pertanyaan pentingnya: Apakah reshuffle tersebut sesuai harapan rakyat atau tidak?

Baca juga : Taruhan Mahal Menunjuk Penjabat

Siapa yang diganti tentu saja harus berdasarkan kinerja. Penggantinya juga demikian. Terukur. Sesuai tantangan yang dihadapi. Bukan berdasarkan kedekatan dengan ketua partai, bukan karena “titipan” kelompok tertentu.

Tentu banyak yang akan menyodorkan nama. Tapi pentingnya memilih orang yang tepat perlu terus diingatkan. Jangan sampai ada menteri baru yang kesannya dipaksakan untuk memenuhi kepentingan parpol pengusul.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.