Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Memperkuat Koalisi Rakyat

Minggu, 4 September 2022 06:39 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Karena itu, banyak yang berharap, Pilpres 2024 diikuti setidaknya tiga atau empat pasang calon. Jangan dua. Kalau hanya dua pasang, polarisasi akan semakin tebal dan tajam. Ini sangat berbahaya.

Rakyat juga perlu memperkuat koalisinya sendiri. Koalisi yang tidak tersandera oleh kepentingan parpol.

Baca juga : Kenangan Gorbachev

Misalnya, koalisi rakyat untuk kemerdekaan pangan, koalisi untuk perbaikan lingkungan, koalisi melawan kemiskinan, koalisi rakyat menumpas korupsi, atau banyak koalisi lain yang bisa lebih spesifik lagi.

Koalisi ini perlu iman politik yang kuat sehingga tidak menjadi kendaraan bagi parpol tertentu.

Baca juga : Bukan Telur Di Ujung Tanduk

Di Filipina, ada gerakan yang awalnya ingin memberdayakan rakyat. Tapi, ketika musim politik tiba, gerakan ini berubah menjadi parpol. Namanya: Koalisi Rakyat Nasionalis (Nationalist People’s Coalition, NPC).

Di Indonesia, mestinya tumbuh subur gerakan atau organisasi kemasyarakatan yang sangat kuat dan independen, yang berjuang sepanjang tahun. Saat ini, baru ada satu-dua yang kuat. Itu pun belum cukup mampu “menekan” parpol.

Baca juga : "Last Minute Politics"

Memperkuat gerakan ini bisa menjadi pengawal dan pendamping parpol supaya tidak keluar jalur. Supaya slogan “demi rakyat” benar-benar terwujud. Bukan hanya jualan lima tahun sekali yang seringkali dilupakan ketika sudah menjabat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.