Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jangan Hilang Momentum

Selasa, 22 November 2022 06:45 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak kasus di negeri ini yang sempat heboh. Tapi, sayangnya, momen untuk melakukan perbaikan, hilang ditelan waktu. Tidak dioptimalkan. Seperti sia-sia.

Banyak kasus yang sudah dilalui beberapa tahun terakhir. Sebut misalnya yang masih hangat, kasus polisi seperti kasus polisi tembak-polisi yang melibatkan Ferdy Sambo yang kemudian berkembang menjadi kasus rekayasa kasus.

Lalu kasus hilangnya barang bukti yang melibatkan Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa. Juga tragedi Kanjuruhan yang kemudian menyeret aparat kepolisian. Belum lagi kasus-kasus lainnya yang biasanya disebut sebagai “oknum”.

Baca juga : Data Bocor, Cegah & Tindak

Menyikapi gelombang kasus di kepolisian ini, Presiden Jokowi sempat marah. Para pejabat Polri di seluruh Indonesia pernah dikumpulkan di Istana. Presiden antara lain menyinggung soal gaya hidup hedin di kalangan kepolisian.

Namun, kita belum tahu, apakah sudah ada langkah taktis dan strategis yang mendasar untuk memperbaiki institusi yang dibutuhkan dan dicintai rakyat ini.

Apakah momen perbaikannya lamat-lamat akan hilang diterpa isu-isu serta kasus lain yang datang silih berganti? Semoga tidak.

Baca juga : G20 Mengalir Sampai Ke Bawah

Selain kasus di kepolisian, banyak juga kasus lain yang sempat menghebohkan negeri ini, tapi pelan-pelan menghilang. Momen untuk melakukan perbaikan, juga perlahan-lahan menyingkir. Seolah-olah tidak pernah terjadi sesuatu yang luar biasa hebohnya yang mengguncang negeri ini.

Kita misalnya pernah dihebohkan kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) yang melibatkan menteri, lalu kasus impor berbagai macam produk seperti beras, kedelai, garam, cangkul dan sebagainya.

Kasus-kasus “mafia” di banyak sektor, pungli, makanan mengandung formalin, juga sempat menyita perhatian rakyat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.