Dark/Light Mode

Korupsi, Lucu Dan Menyedihkan

Minggu, 11 Desember 2022 06:39 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Di daftar peringkat korupsi, Indonesia tidak lagi berada di papan atas klasemen. Yang teratas, negara Afrika dan negara Amerika Latin.

Kenapa Afrika teratas dan Amerika Latin ada di bawahnya? “Karena negara Amerika Latin menyuap negara Afrika untuk menduduki peringkat pertama”.

Itu hanya kelakar sembari memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), 9 Desember 2022.

Baca juga : KUHP Baru Akan Direvisi?

Meski bukan lagi di papan atas, bukan berarti Indonesia sudah jauh membaik. Korupsi masih menjadi musuh dan PR terbesar.

Sekarang, hampir semua sektor digerogoti korupsi. Oknumnya bertebaran dimana-mana. Mulai dari awal, saat pembuatan kebijakan sampai di ujung jalan seorang koruptor, lembaga pemasyarakatan, ada oknum korupnya.

Ada humor tentang ini:

Baca juga : Awas, Harga Melambung!

Sebuah peti harta karun jatuh dari pesawat terbang. Banyak tokoh kuat dan cepat yang berlari mendekat ke peti itu. Ada Spiderman, Hulk, Doraemon, Tom & Jerry, pejabat nakal serta politisi korup. Siapa yang mendapat harta karun tersebut?

Jawabannya: dua yang terakhir. Karena, yang lainnya tokoh fiktif!

Memberantas korupsi tentu bukan cerita fiksi. Nyata. Butuh perjuangan dan tekad kuat serta konkret, dari bawah sampai ke atas. Apalagi korupsi sudah menjalar bahkan sampai ke tempat paling mulia dan terhormat: pengadilan.

Baca juga : Gawat Darurat Kaderisasi Parpol

Saat ini, kita tahu beberapa oknum penegak hukum yang paling mulia sedang ditangani KPK. Menjadi tersangka. Kasusnya: jual beli perkara.

Ada lelucon dari negara entah-berentah tentang kondisi ini. Settingnya di ruang pengadilan.

Jaksa: Saudara saksi, benar kan Anda menyuap 3 miliar untuk mengkompromikan kasus ini!?
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.