Dark/Light Mode

Menarik Mana: Gimik Atau Program?

Kamis, 30 November 2023 05:56 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapakah yang akan memenangi Pilpres 2024? Yang gimiknya menarik atau yang program dan gagasannya keren?

Jawabannya tentu tidak tunggal. Jawaban yang disampaikan anak-anak muda perkotaan dan pedesaan, yang berpendidikan tinggi atau menengah, tentu berbeda.

Belum lagi kalau dipilah lagi menjadi anak muda yang berusia 25 tahun ke bawah dan 25 tahun ke atas, jawabannya juga berbeda. Ada yang lebih “kena” ketika ditawari gimik, ada pula yang lebih suka meme, video pendek atau program dan gagasan.

Baca juga : Bonus “Kepala Ikan”

Gimik, berdasarkan kamus, artinya ada tiga. Pertama, gerak-gerik tipu daya aktor untuk mengelabui lawan peran. Kedua, sesuatu (alat atau trik) yang digunakan untuk menarik perhatian.

Ketiga, sudut pengambilan khusus untuk menarik perhatian pemirsa dalam produksi program siaran. Intinya: trik untuk menarik perhatian. Termasuk dalam politik. Di panggung kampanye.

Gimik ibarat bungkus kado. Kemasan nya. Isi kado, itulah substansinya, program dan gagasan.

Baca juga : Kampanye, Akan Seperti Apa?

Semua capres-cawapres memiliki gimik masing-masing. Ada yang tampil dengan gimik joget, dengan video pendek slepet sarung atau dengan salam gaya anak muda yang lagi popular. Tujuannya: menarik pemilih (muda) sebanyak-banyaknya.

Apakah dengan gimik bisa membantu memenangi Pilpres? Bisa iya, bisa tidak. Sebagai kemasan, kalau dibuat menarik, tentu akan mendapat perhatian. Tahap selanjutnya, (bisa) tertarik. Ibarat “dari mata turun ke hati”.

Namun, kalau gimiknya itu-itu saja, lama-lama jenuh. Tidak lagi menarik. Apalagi kalau “dalamannya” tidak semenarik gimik atau kemasannya. Bisa membosankan.

Baca juga : Panas Karena Poin Lima

Salah seorang politisi pengguna strategi gimik yang berhasil adalah Bongbong Marcos. Dia memenangi Pilpres Filipina, antara lain, lewat gimik.

Dia merintis strategi tersebut sudah sejak lama. Sejak dia maju sebagai kandidat cawapres tahun 2016.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.