Dark/Light Mode

Kampanye, Akan Seperti Apa?

Kamis, 23 November 2023 06:10 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Rangkaian kampanye Pemilu 2024 akan dimulai pekan depan. Tepatnya Selasa, 28 November 2023. Apa yang akan terjadi?

Kira-kira begini: panggung-panggung hiburan tampaknya akan tetap mendominasi. Panggung-panggung inilah yang menjadi salah satu sumber lahirnya para pemimpin bangsa berpenduduk 278 juta jiwa ini.

Panggung-panggung itu akan diisi nyanyian, joget-joget, kuis, sulap serta hiburan lainnya. Termasuk janji-janji manis yang menghibur. Inilah “pesta” sesungguhnya bagi sebagian rakyat.

Baca juga : Panas Karena Poin Lima

Di panggung itu, para jurkam akan menyuarakan hal yang sama dari satu panggung ke panggung lainnya. Nyaris seperti hafalan. Diulang-ulang dengan suara bersemangat. Jawaban massa tak kalah menggelegarnya.

“Siap memenangkan pasangan X!?” tanya jurkam dengan nada tinggi.

“Siaaaaap!” massa peserta kampanye menjawab lantang dengan tangan terkepal.

Baca juga : Gagasan Di Nomor 10?

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di antara mereka, tampaknya ada juga yang akan hadir memeriahkan kampanye calon-calon lain di hari berikutnya. Semangatnya sama. Jawabannya juga sama, tetap menggelegar.

Lalu dimana substansinya? Apa yang terjadi dengan Indonesia lima tahun ke depan? Bisakah harga-harga sembako dikendalikan? Mampukah pemerintah menyediakan lapangan kerja?

Apakah kerusakan lingkungan bisa diminimalisir? Bagaimana pemerintah menyelamatkan UMKM lokal dari serbuan barang impor? Sanggupkah orang-orang terpilih itu memberantas korupsi?

Baca juga : Menunggu “Sapu Besar Dan Bersih”

Itu semua, entah ada di nomor berapa. Sekarang, yang penting happy. Panggung semarak. Hiburan meriah. Semua gembira. Saat itu. Ya, saat itu.

Lalu dimana visi misi yang disusun sedemikian hebatnya? Itu akan dibicarakan di panggung yang lain. Tapi, bagi sebagian orang, itu hanya milik sekelompok orang lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.