Dark/Light Mode

Debat, Catenaccio Dan Gegenpressing

Minggu, 7 Januari 2024 05:45 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapa pemenang debat capres nanti malam?

Secara umum, debat pertama dimenangi Anies Baswedan. Debat kedua dimenangi Gibran Rakabuming Raka.

Nanti malam apakah menjadi milik Ganjar Pranowo? Atau Prabowo akan melakukan serangan balik dan memetik kemenangan? Atau, justru Anies yang akan memperbesar keunggulan (debat)?

Baca juga : Riuh Berebut Suara Anak Muda

Sepertinya, Anies dan Ganjar akan berkolaborasi melakukan gegenpressing a la Juergen Klopp terhadap Prabowo.

Kubu Prabowo tentu sudah melakukan antisipasi dan evaluasi. Sudah punya kontra strategi. Bisa menerapkan catenaccio grendel a la Italia.

Sekarang, tergantung penerapannya di lapangan oleh pemain. Mendominasi penguasaan bola (possession football) bukan jaminan jadi pemenang. Bermain cantik, kalau tidak efektif mencetak gol, juga percuma.

Baca juga : 2024, Menunggu Raja Midas

Selain itu, debat tak bisa diprediksi. Yang sudah disiapkan bisa tiba-tiba buyar. Pertanyaan dari pihak lawan seringkali di luar dugaan.

Blunder dan unforced errors, juga sangat menentukan. Karena, kesalahan sekecil apa pun bisa langsung dimanfaatkan pihak lawan.

Dalam pertandingan sepakbola misalnya, ketika dua tim yang bertanding sama-sama memiliki kualitas, pembedanya hanya satu: kesalahan sendiri atau unforced errors.

Baca juga : Kasus KPK, Semoga Nadir Ke Zenit

Kesalahan itu bisa terjadi karena hal-hal sepele. Misalnya, terlalu percaya diri. “Sindrom” ini biasanya menimpa “juara bertahan” atau petahana. Dalam hal ini, Anies dan Gibran sebagai pemenang debat pertama dan kedua.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.