Dark/Light Mode

Menimbang Penonton Debat

Selasa, 9 Januari 2024 05:59 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak terhitung berapa kali moderator mengimbau “harap tenang… harap tenang…” kepada para penonton debat capres-cawapres 2024. Ini menunu jukkan bahwa kehadiran para penonton debat perlu dievaluasi.

Kehadiran para penonton memang punya dua sisi. Bisa menghidupkan suasana, juga bisa mengganggu jalannya debat. Bisa membangkitkan semangat, juga bisa merusak konsentrasi peserta debat.

Baca juga : Debat, Catenaccio Dan Gegenpressing

Jangan karena ingin menghidupkan suasana, kesempatan untuk menyelisik capres-cawapres jadi terganggu dan kurang optimal. Esensi debat jadi berkurang. Ini merugikan rakyat.

Para pemilih, terutama yang belum menentukan pilihan atau yang masih galau, ingin secara jernih dan detail me nilai ucapan, gagasan, sikap, pikiran, ekspresi, gestur serta sisi lain dari capres-cawapres.

Baca juga : Riuh Berebut Suara Anak Muda

Debat capres-cawapres kali ini berbeda dengan debat lima tahun lalu. Sekarang, tampaknya sudah naik kelas. Cukup menentukan. Ini positif. Artinya, ada peningkatan untuk lebih substantif menilai calon pemimpin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.