Dark/Light Mode

Tombak Debat

Minggu, 17 Maret 2019 09:17 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Ibarat mobil roda empat, jadi salah satu rodanyalah. Roda belakang misalnya. Tapi bukan ban serep. Kita saksikan saja nanti malam, secara substantive dan gesture apa yang ditampilkan keduanya.

Walau dinilai tak sekuat magnet debat capres, kedua cawapres pasti akan berusaha keras untuk menunjukkan bahwa mereka bukan sekadar pelengkap. Bukan sekadar “ban serep”.

Baca juga : Awasi Daerah

Debat nanti malam akan memberi sedikit gambaran. Seperti debat umumnya, debat nanti malam punya tombak bermata tiga. Pertama, harus bisa menaklukkan lawan.

Kedua, perlu pertahanan yang baik. Ketiga, bisa merebut hati penonton sebagai calon pemilih. Dua kali debat sebelumnya, kita merasakan bahwa dua kandidat terlihat lebih dominan “ingin menaklukkan lawan debat”.

Baca juga : Hening Politik

Belum sepenuhnya bisa merebut hati penonton, calon pemilih. Yang ideal, tiga mata tombak, semuanya tajam. Nanti malam, siapakah yang bisa mengasah dan menampilkan tiga mata tombak itu? Semuanya. Bukan hanya satu atau dua. **

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.