Dark/Light Mode

Drone Asing, Perlu Diseriusi

Selasa, 5 Januari 2021 05:10 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Supaya kasus ini tidak terulang dan negara lain tidak bisa sembarangan memetakan geografis dan potensi kita untuk kepentingan mereka, maka perlu ketegasan dan keseriusan dari pihak Indonesia.

Baca juga : Tantangan 2021

Walaupun Indonesia bersahabat baik dengan negara tersebut, Indonesia perlu menunjukkan sikap, tidak dipandang lemah dan mudah diatur. Karena, sahabat baik perlu selalu saling menghormati.

Baca juga : Lihat Dulu Kerja Mereka

Indonesia perlu menunjukkan diri sebagai negara besar dan berdaulat. Tidak mudah diatur, lewat cara apa pun, termasuk kepentingan ekonomi. Ekonomi memang penting, kedaulatan dan keamanan, tak kalah pentingnya.

Baca juga : Indonesia Sibuk Debat Wisata Halal

Selain itu, di internal kita, keamanan bawah laut, sampai ke laut dalam, perlu diperkuat dan lebih diseriusi. Karena, di bawah sana, sangat mungkin berseliweran segala macam kepentingan yang tak terpantau, dari berbagai negara, yang kemudian bisa mempengaruhi dan berdampak ke banyak sektor. Sekarang maupun di masa depan.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.