Dark/Light Mode

Kontrol Harga Kebutuhan Pokok

Selasa, 13 April 2021 06:03 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Kalau ketersedian kebutuhan pokok tercukupi, tapi harga tak terjangkau dan daya beli kurang, itu juga persoalan serius. Ketersediaan barang dan harga di tingkat konsumen, itu dua hal berbeda.

Baca juga : Jangan Cerminnya Yang Dibelah

Ketersediaan pangan perlu dipastikan tidak berkurang atau dipermainkan oleh para spekulan. Pemerintah perlu mengontrol semua asosiasi, awasi sampai ke pasar-pasar, sampai ke konsumen.

Baca juga : Naik Gaji, Tekan Korupsi?

Ketersediaan pangan juga perlu mengantisipasi cuaca dan iklim yang berpotensi menyebabkan gagal panen. Walaupun ada jaminan bahwa pangan aman, tapi kalau tiba-tiba diganggu oleh cuaca dan iklim, berisiko juga.

Baca juga : Ujian 2 Bulan Ke Depan

Memastikan harga tidak bergolak juga tak kalah pentingnya. Kita ingat kasus harga kedelai yang melonjak awal tahun ini yang membuat para pengrajin tempe mogok.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.