Dark/Light Mode

PSSI Percepat KLB Setelah Terima Surat Dari Persis Solo Dan Persebaya

Sabtu, 29 Oktober 2022 11:11 WIB
Pengurus Persis Solo dan Persebaya melakukan pertemua. Hadir juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Senin (24/10). (Foto: Twitter Gibran)
Pengurus Persis Solo dan Persebaya melakukan pertemua. Hadir juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Senin (24/10). (Foto: Twitter Gibran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya memutuskan untuk mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, percepatan ini dengan mempertimbangkan surat yang dikirim dua anggota PSSI.

Iwan Bule-sapaan akrab Iriawan-memang tidak menyebut nama dua klub yang mengirim surat permintaan KLB. Tapi, hanya ada dua klub yang selama ini menyuarakan KLB, yaitu Persis Solo dan Persebaya Surabaya. Persis Solo sendiri dimiliki putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Baca juga : Prokes Dan Germas Solusinya

Persis Solo dan Persebaya Surabaya mendesak agar PSSI segera melakukan KLB sesuai rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan. Dalam rekomendasinya, TGIPF meminta PSSI segera mengadakan KLB untuk memilih kepengurusan baru. 

TGIPF juga menilai ketua umum sekaligus jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI sepatutnya mundur. Hal itu dinilai sebagai bentuk pertanggung jawaban moral atas Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang menewaskan 135 orang.

Baca juga : Selesaikan Masalah Kursi Kosong Eselon II Dan III Ya

Kembali ke Iwan Bule. Kata dia, sesuai bunyi Pasal 34 ayat 2 statuta PSSI tentang Kongres Luar Biasa, seharusnya sekurang-kurangnya 2/3 dari delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI mengajukan permintaan secara tertulis.

"Maka Exco PSSI akan memulai tahapan verifikasi untuk kemudian melaksanakan Kongres Luar Biasa dalam jangka waktu selambat-lambatnya 3 bulan setelah proses verifikasi selesai. Namun, Exco PSSI memutuskan mempercepat Kongres Luar Biasa pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya,” ujarnya.

Baca juga : Desak PSSI Gelar KLB, Ketegasan Persis Solo Dipuji

Menurut dia, Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI. Pelaksanaan KLB pun akan dimulai dengan mengirimkan surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres. 

"Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres. Surat pemberitahuan kepada FIFA akan kami sebarluaskan kepada rekan-rekan media pada hari Senin 31 Oktober 2022," tukas Iwan Bule.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.