Dark/Light Mode

JIS Dicek FIFA 3 Jam

Minggu, 30 Juli 2023 08:00 WIB
Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga. (Foto: Antara)
Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Keesokannya, Senin (31/7), FIFA akan bertolak ke Surabaya, Jawa Timur untuk ngecek langsung kondisi Stadion Gelora Bung Tomo, Lapangan Thor, dan Stadion Gelora 10 November. Kemudian pada Selasa (1/8), mereka ke Solo, Jawa Tengah, untuk meninjau kesiapan Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Lapangan UNS, Lapangan Kampung Sewu, dan juga Lapangan Kota Barat.

Usai melakukan pemeriksaan, FIFA akan bertemu dengan PSSI untuk membahas hasil inspeksi yang dilakukan. Pada Rabu (2/8), perwakilan FIFA dijadwalkan meninggalkan Indonesia.

Baca juga : Dicoret FIFA, Rusia Ngegas Banding

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha mengatakan, setidaknya ada tiga fokus FIFA saat melakukan inspeksi di Indonesia. Pertama, kesiapan venue, termasuk main venue dan lapangan-lapangan latihan.

Kedua, FIFA akan mengecek kualitas venue yang berada pada pitch management atau lapangan dengan lebih spesifik, soal jenis dan kondisi rumput. Dan, ketiga adalah team services, termasuk akomodasi untuk para peserta.

Baca juga : SJ182 Dikasih Waktu 3x24 Jam

Dalam suratnya, kata Tisha, FIFA menyebut rumput JIS harus diganti. Pertandingan dengan format turnamen yang memiliki intensitas tinggi membuat FIFA ingin memastikan penggantian rumput dengan sistem pemulihan yang cepat.

“Di surat juga disebutkan bahwa pemulihan perbaikan ini butuh waktu 8-10 pekan. Menurut kami, ini inisiatif yang sangat baik dari FIFA agar Indonesia bisa mempersiapkan JIS agar bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17,” jelas Tisha.

Baca juga : Salah Ditekel, Kloop Marah

Lalu apa kata pengamat? Pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni menyambut positif pergantian rumput JIS. Alasannya, stadion yang menghabiskan dana sekitar Rp 4 triliun ini jarang dipakai dan membuat kualitas rumputnya menurun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.