Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Sore Ini Bali United Vs PSM, Teco Mengenang Babak Play Off Piala Asia

Jumat, 11 Agustus 2023 06:41 WIB
Para pemain Bali United di pentas Liga 1. (Foto : LIB)
Para pemain Bali United di pentas Liga 1. (Foto : LIB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sore ini, Jumat (11/8) pukul 15.00 WIB, Bali United akan bertemu PSM Makassar pada pekan ke-8 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Pelatih Bali United FC, Stefano Cugurra optimistis bisa meraih poin penuh mengaca pada babak play off perebutan satu tiket play off ke kompetisi Asia beberapa waktu lalu.

“Kita sudah dua kali main di babak playoff dan di Dipta bersama mereka berakhir seri. Saat itu kita main bagus dan seharusnya kita bisa menang lawan mereka,” ujar Stefano Cugurra.

“Di Parepare kita menang di sana. Mudah-mudahan besok (hari ini) kita bisa menang lagi,” imbuhnya.

Melihat kekuatan PSM yang di laga terakhirnya berhasil mengalahkan Persita Tangerang pada pekan lalu dia tak terlalu mencemaskan kekuatan lawan. 

Menurutnya situasi yang dihadapi kedua tim sama. Yaitu sama-sama tak diperkuat beberapa pemainnya yang absen karena cedera maupun akumulasi kartu.

Baca juga : Lawan PSM, Bali United Tanpa Bintang Muda

“Saya pikir ini sama di tim kita juga sama, ada yang cedera. Ini situasi yang normal di sepak bola,” ucap eks juru taktik Persija Jakarta itu.

Secara keseluruhan dengan jeda waktu pertandingan yang tak terlalu panjang dari pekan sebelumnya, Stefano Cugurra mematangkan persiapan timnya menghadapi PSM dengan fokus pada recovery pemain dan juga taktikal.

“Kita lebih fokus recovery dari pemain. Kami punya satu hari latihan, satu latihan taktik dan melihat kondisi fisik semua pemain,” tandasnya.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares menilai Bali United FC adalah tim yang spesial untuk dihadapi. Menurutnya Bali United adalah lawan yang memiliki kualitas sebagai tim papan atas di Liga 1 Indonesia.

Dalam pertemuan ini ia menyinggung kualitas tuan rumah Bali United yang selalu mengandaskan perlawanan PSM sejak musim 2016.

“Pertandingan akan menjadi pertandingan yang sulit karena Bali United adalah tim yang bagus,” kata Bernardo Tavares.

Baca juga : Madura United VS RANS: Awas, Pongah Di Puncak Klasemen!

“Sejak 2016 PSM belum pernah menang away di kandang Bali United. Ini adalah menunjukkan betapa sulitnya PSM melakukan pertandingan di sini,” imbuh pelatih asal Portugal itu.

Ia pun sudah menjadi saksi tangguhnya tim berjuluk Serdadu Tridatu yang memaksa PSM menyerah di babak playoff bulan Juni lalu.

Pada saat itu Bali United memaksa PSM bermain imbang 1-1 di Gianyar. Kemudian mengalahkan PSM lewat adu penalti 4-5 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare.

Menurutnya kualitas Bali United saat ini dicapai dengan finansial yang baik dan sumberdaya yang kompeten. 

“Kita bisa melihat progres yang dilakukan dan hal-hal bagus yang mereka lakukan di sini,” tutur pelatih berusia 44 tahun itu.

“Fasilitas dan budget yang mereka keluarkan untuk pemain,” tambahnya.

Baca juga : Kenzo Nambu Bintang Anyar PSM Makassar

Keunggulan-keunggulan yang ditunjukkan Bali United tidak lantas membuat PSM ciut. 

Bernardo Tavares menegaskan sepak bola merupakan permainan kolektif kerja sama. Semua hal bisa terjadi di dalam lapangan. Walaupun ia mengakui PSM selangkah di belakang Bali United dari segi persiapan.

“Besok pertandingan akan dilawankan 11 lawan 11. Kita lihat saja karena kita tidak latihan untuk kalah. Kita latihan untuk selalu menginginkan kemenangan dalam setiap pertandingan,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.