Dark/Light Mode

Final Piala AFF U-23: Indonesia Vs Vietnam

Pertarungan Adu Gengsi

Sabtu, 26 Agustus 2023 07:00 WIB
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) melepaskan tendangan bola ke arah gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). Timnas U-23 Indonesia berhak melaju ke babak final usai menang dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI/mrh/rwa)
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) melepaskan tendangan bola ke arah gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). Timnas U-23 Indonesia berhak melaju ke babak final usai menang dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI/mrh/rwa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Final Piala AFF U-23 2023 akan menghadirkan duel panas Indonesia kontra Vietnam. Pertarungan yang digelar di Stadion Provinsi Rayong malam ini menjadi duel adu gengsi.

Sebelum melaju ke final, Tim Garuda Muda -julukan Indonesia, berhasil menumbang­kan tuan rumah Thailand 3-1 di semifinal. Hanya bermodal­kan predikat runner-up terbaik, Indonesia mampu tampil solid menghadapi pasukan Gajah Perang Muda yang notabene merupakan juara Grup A.

Bahkan, kemenangan Ramadhan Sananta dan kawan-kawan menjadi sejarah yang istimewa, karena menjadi kemenangan pertama sejak 38 tahun terakhir artinya mengakhiri kutukan.

Baca juga : Babak Pertama, Garuda Muda Sikat Thailand 3-1

Sejak 1977, sejarah mencatat bahwa Indonesia hanya enam kali menang atas Thailand, ber­banding 16 kemenangan yang ditorehkan Timnas Thailand atas pasukan Merah Putih.

Dari deretan kemenangan Indonesia atas Thailand, mayori­tas terjadi di kandang sendiri atau tempat netral, seperti pada 1979, 2011, dan 2019 kala laga digelar di Indonesia. Sedangkan pada 1989, 1991, dan 2023 kemenangan Indonesia atas Thailand terjadi di tempat netral.

Namun, pada Kamis 24 Agustus 2023, kutukan tak pernah menang atas Thailand di markas lawan sejak 1985, akhirnya pupus. Kesebelasan Indonesia yang dilatih Shin Tae-yong tampil trengginas di hadapan puluhan ribu pendu­kung Thailand yang memadati Rayong Provincial Stadium.

Baca juga : Awas, Dendam Gajah Perang

Kemenangan Indonesia terasa manis. Sebab, timnas berangkat ke Thailand dengan kekuatan minus akibat beberapa pemain utama tak diizinkan klubnya.

Sebaliknya, Thailand yang turun dengan pemain terbaik plus rekor sempurna. Namun, pada putaran grup malah dibuat tak berdaya oleh performa skuad Garuda.

Tiga gol Indonesia atas Thailand diciptakan Jeam Kelly Sroyer (10’), Muhammad Ferarri (23’), dan gol bunuh diri Natcha Promsomboon (45’). Sementara tuan rumah memperkecil lewat Chukid Wanpraphao (27’).

Baca juga : Thailand Vs Indonesia, Misi Balas Dendam SEA Games Kamboja

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) langsung men­ganalisis kekuatan calon lawan­nya di final, yakni Vietnam. The Golden Star Warriors -julukan Vietnam, melaju ke final setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 di semifinal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.