Dark/Light Mode

Final Piala AFF U-23: Indonesia Vs Vietnam

Pertarungan Adu Gengsi

Sabtu, 26 Agustus 2023 07:00 WIB
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) melepaskan tendangan bola ke arah gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). Timnas U-23 Indonesia berhak melaju ke babak final usai menang dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI/mrh/rwa)
Pesepak bola Timnas U-23 Indonesia Ramadhan Sananta (kiri) melepaskan tendangan bola ke arah gawang Timnas U-23 Thailand dalam Semifinal Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023). Timnas U-23 Indonesia berhak melaju ke babak final usai menang dengan skor 3-1. (ANTARA FOTO/HO-Humas PSSI/mrh/rwa)

 Sebelumnya 
Menurut STY, laga menghadapi Vietnam akan menjadi pertandingan yang amat menarik. Dia optimistis Garuda Muda mampu menggondol gelar juara meski persiapan cenderung singkat.

“Sebenarnya kami tidak punya banyak waktu untuk berlatih menghadapi pertandingan final, namun semangat sangat penting. Setiap selesai pertandingan, para pemain Indonesia U-23 semakin meningkatkan solidaritasnya,” katanya.

STY mengaku akan langsung menganalisis permainan Vietnam. Sebab, tim asuhan Hoang Anh Tuan itu merupakan tim terkuat di Piala AFF U-23 2023.

Baca juga : Babak Pertama, Garuda Muda Sikat Thailand 3-1

“Kami akan fokus pada diri sendiri, mencari titik lemah lawan. Laga melawan Vietnam akan menjadi laga tersulit di turnamen ini. Namun, kami berharap bisa mengalahkan mereka,” ujarnya.

Pelatih Vietnam Hoang Anh Tuan enggan mengungkapkan rahasia bagaimana mengan­tisipasi lemparan ke dalam Timnas Indonesia U-23. Timnas Indonesia U-23 memang dikenal memiliki pemain yang punya kelebihan dalam melakukan lemparan ke dalam.

Nama Pratama Arhan mung­kin sudah mendunia, namun ada satu nama lain yang sukses mengguncang Asia Tenggara di Piala AFF U-23 2023. Dia adalah Robi Darwis. Pemain kelahiran Cianjur tersebut punya andil besar saat mengantarkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke final Piala AFF U-23 2023.

Baca juga : Awas, Dendam Gajah Perang

Pada pertandingan semifinal melawan Thailand U-23, lem­paran ke dalam Robi Darwis berhasil dikonversikan dengan baik oleh Muhammad Ferrari melalui sundulan. Hal itulah yang membuat Vietnam U-23 berbenah mengantisipasi senjata utama pemain skuad Garuda Muda tersebut.

“Saya tidak bisa menjelaskan rencana tim menghadapi lem­paran ke dalam Indonesia. Ini pertandingan terakhir, bukan. Ini hanya masalah taktik tetapi juga ditentukan oleh banyak faktor lainnya,” tegas Hoang.

Hoang menegaskan, setiap pertandingan dan turnamen berbeda. Karena itu, dia meminta anak asuhnya bersatu dan ber­juang bersama.

Baca juga : Thailand Vs Indonesia, Misi Balas Dendam SEA Games Kamboja

“Setiap pertandingan, setiap turnamen berbeda. Pertandingan besok tak bisa dibandingkan den­gan SEA Games. U23 Vietnam akan bersatu dan berjuang ber­sama. Para pemain sudah lebih dewasa untuk menatap turnamen Asia,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 26/8/2023 dengan judul Final Piala AFF U-23: Indonesia Vs Vietnam, Pertarungan Adu Gengsi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.