Dark/Light Mode

Jabar Raih Juara Umum Kejurnas Babak Kualifikasi PON Cabor Squash 2023

Kamis, 31 Agustus 2023 06:11 WIB
Kejurnas Squash adalah momentum menjaring atlet berprestasi dari daerah yang telah dibina oleh Pengprov Squash. (Foto: Istimewa)
Kejurnas Squash adalah momentum menjaring atlet berprestasi dari daerah yang telah dibina oleh Pengprov Squash. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Sylvi menyampaikan bahwa perkembangan cabor Squash di Indonesia semakin menorehkan tinta emas setelah atlet-atletnya menyumbangkan medali-medali emas dan perak dalam event olahraga.

“Contohnya kontingen Aceh organisasinya baru tiga tahun tapi sudah bisa menyumbang perak dalam Kejurnas tahun lalu, dan di kualifikasi PON menyumbang emas. Artinya pembinaan dan sosialisasinya sangat bagus," katanya.

Silvy berharap atlet dari Jabar yang berhasil menjadi juara umum agar terus menggodok kemampuannya untuk maju ke olahraga level lebih tinggi.

Baca juga : Gelar Drawing Kualifikasi PON, ABTI Siap Hasilkan Atlet Handal

Komite Eksekutif dari Komite Olimpiade Indonesia, Krisna Bayu mengatakan, pihaknya bersama dengan PB Squash berkomitmen untuk memberangkatkan atlet-atlet berbakatnya ke ajang internasional seperti SEA Games dan ASIAN Games.

Bayu mengaku telah melihat perkembangan atlet Squash yang cukup signifikan, dari sembilan Pengprov menjadi 19 Pengprov.

Dia menegaskan bahwa selama dipimpin Sylviana Murni, kinerja PB Squash Indonesia sudah sangat maksimal.

Baca juga : Target Juara Umum, DKI Turunkan Tim Lapis Satu Tenis Meja Di BK PON 2023

“Ternyata ada juara Asianya, yaitu berhasil menduduki rangking 11 dan 12 dari 45 negara Asia. Ini luar biasa dan akan menjadi prioritas kami ke depannya,” kata Bayu.

Bayu juga berharap ke depannya cabor Squash ini akan lebih bisa meningkat sehingga dapat melenggang ke tingkat Asia melalui Komite Olimpiade Indonesia.

Sementara itu Wakil Ketua Satu Koni Pusat, Mayor Jenderal TNI Purnawirawan Suwarno menambahkan, atlet-atlet yang lolos akan masuk pada PON pada September 2024, di Aceh dan Sumatera Utara, sedangkan untuk Cabor Squash akan berlangsung di Sumatera Utara.

Baca juga : 51 Negara Kumpul Di Bali Ikuti AIS Forum 2023

“Akan ada 65 Cabor yang bertanding diwajibkan melakukan babak kualifikasi untuk menentukan siapa saja yang lolos ikut PON termasuk Cabor Squash. Pesertanya untuk babak kualifikasi adalah atlet yang dikirim Koni Provinsi,” ungkap Suwarno.

Pengprov Jabar berhasil keluar sebagai juara umum setelah di grand final, Ganda Putra kontingen Jabar Agung Wilant dan Ahmad Syarifatul Huda mengalahkan kontingen DKI Jakarta M. Fathan Azzikri dan Syauma Siswa Utama.

Pengprov DKI Jakarta menjadi runner up dengan perolehan total medali satu emas, tiga perak dan tiga perunggu. Juara ketiga diraih oleh Pengprov Kalimantan Timur yang memperoleh satu medali emas, satu perak dan tiga perunggu. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.