Dark/Light Mode

Pep Guardiola Dirayu Latih Timnas Inggris

Kamis, 7 September 2023 05:57 WIB
Pep Guardiola. (Foto : ist)
Pep Guardiola. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dikabarkan sedang merayu Pelatih Manchester City Pep Guardiola untuk menangani Timnas Inggris.

Pasalnya, Gareth Southgate dirumorkan akan meninggalkan The Three Lions usai Piala Eropa 2024. Kontrak Southgate bersama Timnas Inggris sebenarnya baru berakhir pada 31 Desember 2024.

Tapi, sejauh ini, FA dan Gareth Southgate belum melakukan pertemuan untuk membahas pembaruan kontrak. Di tengah ketidakpastian, Southgate dirumorkan bakal meninggalkan Timnas Inggris setelah Piala Eropa 2024.

FA pun sedang membujuk Guardiola untuk mengantikan posisi Southgate. “Gareth Southgate dilaporkan akan meninggalkan pekerjaannya di Inggris setelah Euro 2024. FA mencoba memikat Pep Guardiola sebagai penggantinya (Gareth Southgate),” tulis Sportbible.

Baca juga : Karier Anthony Martial Di Timnas Inggris Diramal Suram

Kualitas Guardiola sebagai pelatih tak diragukan lagi. Pasalnya, dia berhasil membuat Manchester City menjadi salah satu klub terbaik di Eropa.

Menjabat sebagai pelatih Manchester City sejak Juli 2016, Guardiola sudah memenangkan banyak gelar. Di antaranya, lima Liga Inggris, dua Piala FA, empat Piala Liga Inggris, dua Community Shield, satu UEFA Super Cup dan satu Liga Champions.

Namun, peluang Timnas Inggris untuk mendapatkan Guardiola dalam waktu dekat terbilang sulit. Pasalnya, pelatih berusia 52 tahun asal Spanyol itu memiliki kontrak bersama Manchester City hingga 30 Juni 2025.

Di tempat terpisah, penyerang Arsenal Eddie Nketiah merasa pemanggilan dirinya ke Timnas Inggris akan dibuktikan bahwa dirinya layak mendapat tempat di timnas.

Baca juga : Dubes RI Untuk Rumania Sambut Atlet Timnas Esports Indonesia

Striker berusia 24 tahun itu merupakan pencetak gol terbanyak Timnas Inggris U-21 dengan torehan 16 gol dari 17 laga.

Namun, masa depan Nketiah di Arsenal sempat diragukan sebelum cedera yang dialami Gabriel Jesus membuat dia memiliki kesempatan untuk tampil memukau bersama The Gunners pada musim lalu.

Nketiah juga kembali menjadi pelapis Jesus pada musim ini dan sukses mencetak dua gol dari empat laga Liga Primer Inggris, yang membuat dia dipanggil ke timnas Inggris.

“Saya adalah pemain yang lebih baik ketimbang dua atau tiga tahun lalu,” ujar Nketiah.

Baca juga : DDS Kembali Latihan, Bojan Puji Pemain Pengganti

Inggris dijadwalkan berhadapan dengan Ukraina di Wroclaw, Polandia pada Sabtu (9/9) dalam upaya memperpanjang rekor sempurna mereka di babak kualifikasi Piala Eropa 2024.

The Three Lions kemudian akan berhadapan dengan Skotlandia di laga persahabatan, Selasa (12/9), untuk menandai laga pertama antara kedua negara, 150 tahun lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.