Dark/Light Mode

Liga Inggris

Man United Vs Aston Villa, Nasib Erik Ten Hag Ditentukan Akhir Tahun

Selasa, 26 Desember 2023 05:43 WIB
Para pemain Man United di ajang Liga Inggris. (Foto : Ist)
Para pemain Man United di ajang Liga Inggris. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keterpurukan Manchester United (MU) di musim ini belum juga hilang. Bahkan, Setan Merah semakin terperosok.

Terbukti, dari empat pertandingan terakhir, MU mengalami tiga kekalahan. Imbasnya, masa depan Erik Ten Hag terancam dicopot.

Ini menjadi modal buruk bagi tim jelang menghadapi tim tamu Aston Villa pada pekan ke-19 Liga Primer Inggris di Old Trafford, dini hari nanti.

Saat ini, MU menempati posisi kedelapan atau selisih 11 poin dari Aston Villa yang menempati posisi ketiga.

Performa MU di bawah asuhan Erik ten Hag belakangan ini juga mengecewakan. Meski main kandang, Bruno Fernandes dan kawan-kawan kurang begitu difavoritkan.

Baca juga : Ada Kobbie Mainoo, Man United Mau Depak Sofyan Amrabat

Dalam empat laga terakhir, MU tanpa gol dan tanpa kemenangan. Pasukan Erik ten Hag dipermalukan Bournemouth 0-3 di Old Trafford, kalah 0-1 dari Bayern Munchen (yang membuat mereka tersingkir di fase grup Liga Champions), imbang 0-0 dengan Liverpool di Anfield, dan kalah 0-2 di kandang West Ham United.

Pelatih MU Erik ten Hag mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan dengan menyebut The Red Devils bukanlah tim top lagi. Dalam wawancara usai laga, Erik ten Hag mengakui timnya kini tidak lagi berstatus tim top.

Namun demikian, kata Erik, dia masih percaya timnya bisa lebih baik seperti ketika menahan Liverpool pekan lalu. “Saat ini kami belum bukan tim top. Tetapi kita telah melihat pekan lalu melawan puncak liga ini, kami seimbang,” ujar Erik Ten Hag seperti dilansir laman resmi klub.

“Di sana kami bertahan dengan sangat baik selama 90 menit, itu harus selalu menjadi standar kami seperti apa telah lakukan di sana,” katanya, lagi.

Terlepas dari raihan tiga kekalahan dan sekali imbang dalam empat laga terakhir, Erik ten Hag masih optimistis bahwa performa timnya akan lebih baik ke depannya.

Baca juga : Pep Sumringah Man City Gondol 5 Gelar Dalam Setahun

“Pada 2023, kami memenangkan Piala, kami bermain di final Piala FA. Kami berada di posisi ketiga di liga. Ada beberapa sorotan, tapi kami tampil luar biasa. Namun, untuk saat ini kami berkinerja buruk,” ujarnya.

Seperti diketahui, saat bertandang ke berduel di London Stadium, MU dipaksa menyerah oleh gol-gol tuan rumah yang dicetak oleh Jarrod Bowen dan Mohammed Kudus dalam rentang enam menit di pertengahan babak kedua.

Ini kekalahan ke-13 yang dialami MU di semua kompetisi musim ini. Tak cuma itu, MU kini tercatat tak bisa mencetak gol sama sekali dalam empat laga terakhir.

Posisi Erik ten Hag di kursi kepelatihan MU dikabarkan bakal segera berakhir. Setan Merah sudah memiliki pengganti baru untuk menggantikan juru taktik asal Belanda tersebut.

Dilansir dari laman The Sun, Senin (25/12/2023), nama Graham Potter paling santer bakal menggantikan peran Erik ten Hag di skuad MU.

Baca juga : West Ham Vs Man United, The Hammers Gertak Setan Merah

Kedatangan eks pelatih Chelsea itu bahkan dikabarkan segera diumumkan dalam waktu dekat. Sumber yang sama menyebut, Sir Jim Ratcliffe selaku pemilik klub sudah melakukan pertemuan dengan sejumlah petinggi klub terkait rencana tersebut.

Hasil buruk MU dalam beberapa laga terakhir membuat masa depan Erik ten Hag tak bisa lagi terselamatkan. Rumor pemecatan Erik ten Hag sebenarnya sudah terdengar sejak beberapa pekan terakhir.

Melihat MU semakin terpuruk, banyak yang menilai Erik ten Hag harus segera diganti. Kekalahan dari West Ham akhir pekan kemarin menjadi kekalahan ke-20 MU di semua kompetisi selama tahun ini.

Catatan buruk itu terakhir kali pernah dirasakan MU pada 1989, yang berarti Erik ten Hag telah menorehkan rekor buruk untuk Setan Merah.

Sementara, Aston Villa mengalami sedikit antiklimaks di laga terakhirnya. Sempat berturut-turut mengalahkan Manchester City dan Arsenal dengan skor masing-masing 1-0, kemudian menjinakkan Brentford 2-1, pasukan Unai Emery ditahan tim juru kunci Sheffield 1-1 di Villa Park. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.