Dark/Light Mode

Sabet Juara Spain Master 2024

Rinov/Pitha Buka Asa Lolos Olimpiade

Senin, 1 April 2024 06:30 WIB
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Foto: X Badminton Talk)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Foto: X Badminton Talk)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari membuka peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024, setelah berhasil menjuarai Spain Masters 2024. Rinov/Pitha menang atas pasangan China, Cheng Xing/Zhang 17-21, 21-12, 21-13 di babak final.

Rinov Rivaldy mengaku, gelar tersebut sangat berarti, karena membuka peluang lolos ke Olim­piade 2024. “Gelar juara ini sangat berarti bagi kami karena peluang untuk masuk Olimpiade masih sangat terbuka,” kata Rinov dalam keterangan singkatnya.

Di laga tersebut, Rinov/Pitha berhasil menyudari permainan Cheng Xing/Zhang Chi dalam tempo 54 menit. Unggulan keenam itu mengungkapkan kunci kemenangan mereka adalah keyakinan dan kebera­nian dalam menerapkan strategi dan pola permainan yang sudah mereka persiapkan.

Baca juga : Mental Kuat, Sabalenka Lolos

“Tiga tahun terakhir adalah ujian buat kami tapi kami tetap berusaha untuk kembali lagi dan mungkin ini jalannya Tuhan hari ini kami bisa ke podium tertinggi,” kata Rinov.

Sedangkan Pitha mengatakan, gelar juara ini memiliki banyak sekali arti bagi mereka. Tak hanya menjaga asa lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024, tapi juga mengulangi pencapaian mereka pada Spain Masters 2021. “Kami hanya yakin bahwa semua yang diperjuangkan akan ada hasilnya entah kapan, jadi coba terus selagi kesempatan itu masih diberikan,” ujar Pitha.

Pitha mempersembahkan gelar ini untuk keluarga, pelatih serta tim ganda campuran, PBSI dan semua yang ada di balik layar. “Setelah ini kami akan fokus menjaga kesehatan karena akan jetlag dan menjaga pikiran juga setelah lima turnamen di Eropa pasti melelahkan. Tugas kami be­lum selesai, masih ada Kejuaraan Asia untuk memastikan tiket ke Olimpiade,” kata Pitha.

Baca juga : Sambut Ramadan, Manzone Luncurkan Busana Teranyar Koleksi Festive

Sementara itu, pasangan ganda putri Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi harus puas di posisi runner up. Ana/ Tiwi menyerah 21-12, 8-21, 16-21 kepada unggulan pertama dari Je­pang, Rin Iwanaga/Kie Nakanishi.

Di laga tersebut, Ana/Tiwi yang menjadi unggulan kedua turnamen itu bermain solid pada awal game pertama dan mengendalikan game sampai bisa merebutnya dalam skor 21-12. Pada game kedua, mereka tidak bisa melanjutkan penampilan bagusnya seperti gim pembuka.

Peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja itu pun tidak bisa mengimbangi permainan lawan sampai kemudian terpaksakan merelakan gim kedua dengan 8-21. Namun game pamungkas berlangsung lebih alot ketika kedua pasangan saling mengejar poin, tapi Iwanaga/Nakanishi memimpin 11-9 saat interval.

Baca juga : Gegara Doping, Karier Pogba Bakal Tamat

Setelah jeda, Ana/Tiwi sempat mengumpulkan tiga angka berturut-turut sampai kedudukan 11-17. Namun, mereka tak berhasil memanfaatkan sejumlah momentum untuk mengejar dan mengambil alih kedudukan sam­pai hingga akhirnya menyerah 16- 21 kepada pasangan Jepang itu.

Indonesia masih memiliki satu wakil lagi dalam final Spain Masters 2024, yakni ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Reza Pahlevi Isfahani yang bakal ber­jumpa dengan wakil Malaysia, Junaidi Arif/Roy King Yap. Saat berita ini diturunkan, keduanya sedang berlangsung.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 1 April 2024 dengan judul Sabet Juara Spain Master 2024, Rinov/Pitha Buka Asa Lolos Olimpiade

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.