Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024

Tembus 8 Besar, Belanda Ngarep Sejarah 1988 Terulang

Rabu, 3 Juli 2024 06:12 WIB
Selebrasi Donyell Malen usai mencetak gol ke gawang Rumania di ajang Piala Eropa. (Foto : Ist)
Selebrasi Donyell Malen usai mencetak gol ke gawang Rumania di ajang Piala Eropa. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat diragukan publik, Timnas Belanda akhirnya melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2024. Belanda jadi makin pede juara.

Keberhasilan Timnas Belanda ke babak 8 besar berkat kemenangan telak melibas Timnas Rumania dengan skor 3-0 dalam laga babak 16 besar, di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Selasa (2/7) malam WIB.

Cody Gakpo membuka keunggulan untuk Belanda di babak pertama, sebelum brace alias dua gol dari Donyell Malen mengamankan kemenangan pasukan Ronald Koeman.

Baca juga : Pemain Portugal Harus Belajar Dari Ronaldo!

Performa ini berbanding terbalik ketika Belanda dikalahkan di laga terakhir Grup D oleh Austria dengan skor 2-3 pekan lalu. Ini pula yang menjadi alasan skuad Negeri Kincir Angin ini sempat diragukan menembus fase perempat final Piala Eropa 2024.

"Terkadang sulit untuk mengatakan mengapa Anda bermain buruk di satu pertandingan dan kemudian bisa mencapai level tinggi di pertandingan berikutnya," kata Pelatih Belanda, Ronald Koeman usai laga.

“Kami tajam sejak awal hari ini dan itu membuat perbedaan. Mungkin satu poin penting adalah butuh waktu terlalu lama untuk mencetak gol kedua," tambahnya.

Baca juga : Jerman Vs Spanyol, Bak Laga Final Piala Dunia

Kemenangan ini membuat Koeman makin percaya diri jika anak asuhnya bisa mengulang sejarah saat Belanda juara Piala Eropa tahun 1988.

“Kami punya talenta-talenta hebat di tim ini, tapi tentu saja Anda perlu memenangi sesuatu, lalu orang-orang bisa mulai membandingkannya dengan [memenangkan Euro pada] 1988."

Namun, dia juga minta anak asuhnya lebih berusaha keras, mengingat saat ini, tim-tim Eropa banyak mengalami perubahan. 

Baca juga : Jude Bellingham Dipuji, Inggris Tembus 8 Besar

“Tetapi sekarang lebih sulit, sepak bola telah berubah, lebih bersifat fisik, Anda harus cepat dan bagus secara teknis. Inggris, Portugal, semua orang punya masalahnya masing-masing untuk melanjutkan turnamen ini.”

Koeman masuk dalam Generasi 1988 saat Timnas Belanda memenangkan Piala Eropa. Gelar itu adalah satu-satunya gelar Belanda di kejuaraan besar sedangkan di level Piala Dunia, Belanda tiga kali masuk final tanpa pernah menjadi juara.

Di perempat final, Belanda akan menghadapi Turki yang mengalahkan Austria di babak 16 besar, Rabu (3/7) dini hari tadi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.