Dark/Light Mode

Liga Champions

AS Roma Vs Porto, Laga Hidup Mati Si Naga

Rabu, 6 Maret 2019 11:29 WIB
Andrian Lopez (kanan), pencetak gol Porto di leg pertama lawan AS Roma Liga Eropa. (Foto : twitter@infofcporto)
Andrian Lopez (kanan), pencetak gol Porto di leg pertama lawan AS Roma Liga Eropa. (Foto : twitter@infofcporto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Porto akan menjamu AS Roma di Estadio do Dragao pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/19, dini hari nanti WIB. Porto bertekad membalikkan keadaan. Sedangkan Roma berambisi menuntaskan pekerjaan mereka dan memastikan kelolosan ke perempat final.

Pada leg pertama di ibu kota Italia, si Naga, julukan Porto takluk 1-2. Roma unggul lewat sepasang gol gelandang muda Nicolo Zaniolo ke gawang Iker Casillas di menit 70 dan 76, sementara Porto menipiskan selisih skor melalui pemain pengganti Adrian Lopez di menit 79.

Baca juga : MU Vs PSG, Waspadai Assist Sang Mantan

Roma menang, tapi Porto bisa mencuri satu gol tandang. Partai ini pun masih cukup terbuka. Di laga terakhirnya, Porto dan Roma sama-sama menelan kekalahan yang sangat menyakitkan. Akhir pekan kemarin, Porto kalah 1-2 melawan Benfica yang bermain dengan 10 orang.

Unggul terlebih dahulu lewat gol Adrian Lopez, pasukan Sergio Conceicao akhirnya takluk oleh dua gol balasan lawan. Tak cukup sampai di situ, mereka juga harus merelakan puncak klasemen sementara liga utama Portugal direbut oleh Benfica.

Baca juga : Tersingkir Di Liga Champions, Carvajal : Musim Ini Madrid Sudah Berakhir

Sementara itu, di ibu kota Italia, Roma tumbang dalam derby melawan Lazio dengan skor telak 0-3. Itu bukan persiapan yang ideal untuk laga mahapenting di pentas Eropa. Ini menjadi kekalahan pertama Di Francesco dalam laga Derby Roma.

Boleh jadi laga ini merupakan pertaruhan bagi Di Francesco. Andai Roma takluk, bukan tidak mungkin dia akan meletakkan jabatan. “Intensitas pada bola hilang dan kemudian kami membuat banyak kesalahan selama fase menggiring bola: ketika dua hal itu terjadi bersama-sama, maka kekalahan pertandingan. Tak boleh terulang saat melawan Porto,” sesalnya. "Kami benar-benar harus berbenah pada sisi mental. Kami seperti hidup dan mati,” tambahnya.

Baca juga : Lazio Vs AS Roma, Bahaya Laten Produktivitas

Porto maupun Roma perlu segera melupakan kekalahan itu dan fokus pada duel penentuan nasib mereka. Untuk leg kedua ini, Porto sudah bisa diperkuat Jesus Manuel Corona. Pemain sayap Porto itu terkena skorsing di leg pertama.

Porto juga bisa memainkan striker Moussa Marega, yang telah sembuh dari cedera. Dari kubu Roma, Di Francesco bisa memasang Zaniolo, Edin Dzeko dan Stephan El Shaarawy sebagai starter di barisan depan dalam skema 4-3-3. Zaniolo adalah pahlawan kemenangan di leg pertama, tapi Roma sepertinya bakal berharap banyak pada Dzeko di Portugal. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.