Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden Madura United Luncurkan Buku Memoar Sepakbola

Kamis, 15 Oktober 2020 21:12 WIB
Buku Memoar Sepakbola karya Achsanul Qosasi. (Foto: Istimewa)
Buku Memoar Sepakbola karya Achsanul Qosasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Madura United FC Achsanul Qosasi meluncurkan buku seputar memoar sepakbola, sejak berkiprah dari tahun 1999. Buku spesial itu berjudul: Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow Hingga Liverpool.

Ia mengatakan buku ini menceritakan perjalanan dirinya di dunia sepakbola, detail dan disampaikan dengan dukungan foto-foto.

Buku setebal 120 halaman, menurut AQ, sapaan akrab Achsanul Qosasi ini dikemas indah dan full color. Perpaduan design, foto dan naskah itu bercerita tentang betapa cintanya AQ pada sepakbola.

Baca juga : Teken CMA, 3 Bank BUMN Syariah Sepakat Merger

Saking cintanya, dia menyebut sepakbola adalah istri keduanya.  "Gue bisa gila kalau tidak mengurus bola," itu kata-katanya yang lain yang menyiratkan diri pria multi talenta itu tak bisa dipisahkan dari sepakbola. 

AQ memulainya dari klub kecil, PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan, Asprov PSSI DKI hingga menjadi petinggi di PSSI sampai akhirnya punya klub profesional, Madura United.

Di tangan AQ, Madura United jadi mentereng, ikon lain bumi Madura selain garam, santri, karapan sapi atau pondok pesantren. Di buku ini juga dijelaskan soal bintang-bintang yang datang silih berganti ke Madura.

Baca juga : Panasonic Luncurin 4 Produk Sirkulasi Udara Pencegah Corona

Bahkan, sejak 2012, puluhan pemain asing dari lima benua pernah singgah di Madura. Karena bertabur bintang-bintang itu, Madura United sempat di juluki Los Galacticos-nya Indonesia.

Satu lagi: soal anaknya, Annisa Dzafarina, yang disebut-sebut sebagai titisan. Nisa, putri tunggal AQ itu baru saja lulus dari UEFA Certificate Course dan itu kebanggaan buat Nisa, yang juga Chief Operating Officer (COO) Madura United itu. "Sampai gak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family," kata AQ.

Buku ini juga memuat sederet testimoni, antara lain dari Gregorius Nwokolo, Haruna Soemitro, Slamet Nurcahyo hingga Rahmad Darmawan dan Habib Zia Ulhaq. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.