BREAKING NEWS
 

Dongkrak Penjualan Lewat Internet, Peneliti CIPS Dorong Literasi Digital

Reporter & Editor :
FAZRY
Senin, 2 Agustus 2021 19:38 WIB
Ilustrasi

 Sebelumnya 
Permasalahan lain kata dia, adalah masih terbatasnya keterjangkauan infrastruktur konektivitas internet.

Adsense

Berdasarkan data dari Susenas tahun 2019, 5.972 dari total 83.820 desa di Indonesia, terdapat tidak memiliki sinyal telepon seluler sama sekali.

Baca juga : Pertamina International Shipping Perketat Prokes Di Atas Kapal

Sedangkan 19.771 desa masih memiliki sinyal yang lemah. Data dari APJII pada awal 2020 lalu menunjukkan bahwa penetrasi internet sudah mencapai 73 persen. Sayangnya hanya 56 persen dari total tersebut terkonsentrasi di pulau Jawa.

"Artinya, masih terdapat kesenjangan dalam akses internet bagi masyarakat di luar Pulau Jawa," tegas Halimah.

Baca juga : 31 Persen Remaja Jakarta Kecanduan Internet, Tertinggi Di Dunia

Dikatakan, Penelitian CIPS merekomendasi perlunya upaya mendidik dan melatih masyarakat dalam penggunaan teknologi komunikasi dan internet.

Sesuai dengan Road Map Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini dapat melibatkan institusi lain seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kementerian Perindustrian.

Baca juga : Menteri Teten Dorong Milenial Jadi Pengusaha

“Pelatihan juga dapat dilakukan dengan menggandeng pihak swasta maupun organisasi masyarakat lokal. Pemerintah dapat memberikan ruang untuk diskusi guna memetakan kebutuhan dan kontribusi yang dapat diberikan masing-masing pihak,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense