BREAKING NEWS
 

Peresmian Paviliun Indonesia Di Nansha Bird Park, Guangzhou Jadi Kado Indah Perayaan HUT Diplomatik RI-China Ke-70

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 26 Desember 2020 19:23 WIB
Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun (keempat kiri) memotong pita peresmian Paviliun Indonesia Pada Expo Bambu Nasional ”The Belt and Road”, Sabtu (26/12). (Foto: KBRI Beijing)

 Sebelumnya 
Paviliun Indonesia memiliki tiga lantai, sepenuhnya berbahan baku bambu dan dibangun oleh 11 seniman asal Bali. Daya tarik bangunan seluas 500 meter persegi ini, tidak hanya terletak pada desain arsitektur yang kental dengan nuansa nusantara,  tetapi juga bahan bakunya yang didatangkan khusus dari Yogyakarta dan Bali.

Proses pembangunannya memakan waktu 7 bulan, dan selesai pada September 2020. Bekerja sama dengan KJRI Guangzhou, Taman Burung akan memanfaatkan keberadaan paviliun ini untuk promosi seni budaya, pariwisata dan ekonomi Indonesia ke wilayah selatan China.

Adsense

Baca juga : Bisa Kurangi Impor Dan Perluas Lapangan Kerja

Di pagi yang cerah itu, Dubes RI dan para tamu undangan juga berkesempatan berkeliling menikmati suasana tenang, semilir angin serta melihat pelikan, angsa, merak dan puluhan jenis burung lain yang hidup bebas di taman burung Nansha.

Di taman ini, nuansa nusantara tidak hanya ditemukan di paviliun saja. Ornamen dan perabot jug  banyak yang didatangkan dari Bali. Toiletnya pun bergaya hotel-hotel bambu dari Bali.

Baca juga : PBNU: Indonesia Tak Perlu Jalin Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Zhao Yang, pemilik taman yang menjadi sosok di balik itu semua. Ia memiliki kecintaan besar terhadap bambu, pelestarian alam, serta seni dan budaya Indonesia, khususnya Bali.

Dalam berbagai kesempatan ke Bali dan Yogya, Zhao mengambil inspirasi dari hotel atau bangunan bambu yang dikunjungi, dan menggabungkannya ke dalam desain paviliun Indonesia.

Baca juga : Amerika Bikin China Kelojotan

Maka tak heran, jika kita akan merasa kerasan, begitu masuk ke dalam Paviliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense