BREAKING NEWS
 

Islam Dan Sexual Education (10)

Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (2)

Jumat, 11 Juni 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Menstruasi lebih dikenal dengan haidl, berasal dari kata hadla-hadlan, berarti keluarnya darah da­lam waktu dan jenis tertentu.

Baca juga : Menstruasi Dan Mitos Seksualitas (1)

Dalam Al-Quran hanya disebutkan empat kali dalam dua ayat. Sekali dalam bentuk fi’il mudlari’/present and fu­ture times (yahidl) dan tiga kali dalam bentuk isim mashdar/verbal noun (al-mahidl).

Adsense

Baca juga : Mitos Keperawanan (2)

Dari segi penamaan saja, kata haidl su­dah lepas dari konotasi teologi yang ber­bau mitos. Masalah haidl dijelaskan da­lam QS Al- Baqarah ayat/2:222: ”Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haidh. Katakanlah: “Haidh itu adalah ‘kotoran’”, karena itu hen­daklah kalian menjauhkan diri dari wanita di waktu haidl; dan janganlah kalian mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri)”. urunnya ayat ini dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Ahmad dari Anas, bahwa bilamana perempuan Yahudi se­dang haid, masakannya tidak dimakan dan tidak boleh berkumpul bersama keluarga di rumahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense