BREAKING NEWS
 

Prabowo-Imin-Ganjar Keliling Kiai, AHY Sowan Ke Airlangga, Foto Anies Mejeng Di DIY

Musim Pilpres Makin Semarak

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : UJANG SUNDA
Senin, 9 Mei 2022 07:59 WIB
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu 2024 masih jauh. Masih dua tahun lagi. Namun, musim Pilpres sudah datang lebih dini, dan begitu semarak. Hal itu terlihat jelas saat para kandidat capres sibuk sowan, pedekate, sampai promosi lewat baliho dengan menggunakan momen Lebaran.

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo misalnya, berkeliling menemui para kiai dan tokoh Nahdlatul Ulama. Di tempat lain, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sowan ke Ketum Golkar Airlangga Hartarto. Sementara itu, baliho bergambar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah nampang di Yogyakarta, Sidoarjo, Banten, bahkan sampai ke luar Jawa.

Di antara para tokoh politik, Prabowo jadi yang paling gesit dan rajin melakukan silaturahmi dan mengunjungi pondok pesantren. Menteri Pertahanan ini, mulai berkeliling ke sejumlah pesantren di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, sejak 3 Mei atau sehari setelah Lebaran. Safari dimulai dengan menemui Kiai As'ad, Pimpinan Ponpes Walisongo, di Situbondo dan Kiai Ahmad Muzaki Syaha, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri, di Jember. Dari sana, Prabowo menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Grahadi, Surabaya.

Baca juga : Prabowo Dan Ganjar, Paling Dijagokan Gen Z Dan Milenial Di Pilpres 2024

Sehari kemudian, eks Danjen Kopassus itu, bertandang ke Jombang. Di sana, Prabowo menemui Pimpinan Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin, lalu ziarah ke makam Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Dari Jawa Timur, Prabowo lalu meluncur ke Jawa Tengah. Di sana, Prabowo sowan ke Pondok Pesantren Al-Anwar Rembang dan disambut KH Muhammad Najih Maimoen alias Gus Najih, putra almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen. Setelah itu, geser ke Pondok Pesantren Attauhidiyah Giren Talang, Tegal, yang dipimpin KH Ahmad Saidi. Dari Tegal, Prabowo lanjut berkunjung ke kediaman KH Habib Muhammad Luthfi bin Yahya di Pekalongan.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, silaturahmi Prabowo dengan para ulama dan tokoh di pondok pesantren itu sudah lama direncanakan. Karena kesibukannya, Prabowo baru bisa berkunjung saat libur Idul Fitri 2022.

Baca juga : Akbar Tandjung Harap Airlangga Hartarto Menang Pilpres 2024

Sama seperti Prabowo, Muhaimin Iskandar juga memanfaatkan momen Lebaran untuk bersilaturahmi. Politisi yang akrab disapa Imin ini, sowan ke kiai sepuh di Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Ploso, Kediri, Jawa Timur.

Di akun Instagram miliknya, Imin membagikan momen pertemuan dengan KH Nurul Huda Djazuli, pengasuh Ponpes Al-Falah Ploso. Dalam unggahan itu, Imin yang datang bersama istrinya, Rustini Murtadho, bersimpuh meminta maaf kepada kiai khos Jawa Timur itu. "Alhamdulillah Kiai Nurul Huda Djazuli sehat selalu. Sore ini berkesempatan sowan ke Pondok Pesantren Ploso Kediri," tulis Imin.

Adsense

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo turut menemui kiai. Politisi PDIP itu, sowan ke kediaman Ketua Majelis Ulama (MUI) Sulawesi Selatan sekaligus Rais Syuriah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Makassar, KH Anre Gurutta Haji (AGH) Baharuddin.

Baca juga : Airlangga Didoakan Ibu-Ibu Di Solo Jadi Presiden 2024

Sowan tersebut dilakukan di sela kunjungan Ganjar ke Kota Makassar, kemarin. Ganjar menyebut, pertemuan itu hanya silaturahmi sekaligus bertukar cerita dan pengalaman. Ia pun tersanjung atas sambutan yang diberikan KH Baharuddin. "Sudah kita jadwalkan untuk berbincang banyak hal, tapi karena waktunya nggak banyak, saya hanya silaturahmi. Ya, untuk bangun komunikasi lah," kata Ganjar, dalam keterangan tertulis, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense